Gempa 5,3 SR Guncang Bengkulu [Tak Berpotensi Tsunami]

Gempa 5,3 SR Guncang Bengkulu [Tak Berpotensi Tsunami]
Ilustrasi.
Posted by:

JAKARTA – Perairan Bengkulu kembali diguncang gempa bumi berkekuatan 5,3 skala richter (SR). Pusat gempa berada di 111 KM sebelah barat daya Seluma, Bengkulu. Informasi yang disampaikan BMKG, gempa terjadi Selasa (12/07), pukul 03.28 WIB, dengan titik koordinat berada di 4.82 Lintang Selatan (LS), dan 102.07 Bujur Timur (BT).

Belum diketahui ada tidaknya kerusakan yang diakibatkan gempa. Namun Gempa yang mengguncang sebelah Barat Daya Seluma pada kedalaman 65 km ini tak berpotensi tsunami. Getaran gempa sampai terasa setidaknya di lima wilayah.

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, menjelaskan bahwa pusat gempa berada di laut 111 km sebelah barat daya Seluma, pada kedalaman 69 km. Getaran terasa di beberapa wilayah seperti di Mukomuko, Ketaun, Bengkulu, Seluma, Mana, dan Bintuhan. Di daerah ini guncangan gempa bumi dirasakan oleh banyak orang, benda-benda tergantung berayun dan jendela kaca bergetar.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi kedalaman menengah akibat aktivitas subduksi lempeng. Subduksi lempeng yang dimaksud adalah menyusupnya lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia,” kata Daryono dalam keterangannya, Selasa (12/07).

“Dalam hal ini hiposenter gempa bumi berada di Zona Benioff, yaitu bagian lempeng tektonik (slab) yang sudah mulai menukik di bawah permukaan lepas pantai Bengkulu,” jelas Daryono. Meskipun pusat gempa berada di laut, namun tidak berpotensi tsunami. Apalagi, kekuatan gempa tergolong lemah.

Hingga pukul 04.00 WIB, belum ada laporan dirasakannya gempa susulan. “Untuk itu kepada masyarakat di Pesisir Provinsi Bengkulu dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpancing isu yang tidak bertanggungjawab karena gempa bumi ini tidak berpotensi merusak,” tegas Daryono.

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 4,5 skala richter (SR) juga terjadi di wilayah Cilacap, Jawa Tengah. Pusat gempa berada di sebelah tenggara Cilacap. Informasi yang disampaikan BMKG, gempa terjadi pada Senin (11/07), pukul 21.52 WIB, dengan koordinat LS,109.08 BT. Pusat gempa berada di 56 km tenggara, Cilacap-Jawa Tengah.

Selain itu, juga terjadi gempa bumi berkekuatan 3,5 skala richter (SR), di wilayah Purworejo, Jawa Tengah. Belum ada laporan mengenai guncangan yang dirasakan warga. “Gempa terjadi pukul 00.45 WIB dengan magnitude 3,5 SR,” kata staf operasional gempa bumi dan tsunami BMKG, Jajat saat dikonfirmasi wartawan, Senin (11/07). Titik gempa berada di 7.62 LS-109.92 BT dengan kedalaman 10 km. “Posisinya di 18 Km baratlaut Purworejo,” ujar dia. (fri/sam/cw03/jpnn)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses