Genjot Infrastruktur, Jokowi Bakal Menang di Sumsel

Genjot Infrastruktur, Jokowi Bakal Menang di Sumsel
Posted by:

PALEMBANG – Gencarnya pembangunan infrastruktur di Sumsel diyakini akan memberikan dampak positif terhadap elektabilitas capres petahana Joko Widodo di Sumsel pada Pilpres 2019 mendatang.

Jika pada pilpres 2014 lalu Jokowi kalah di Sumsel, maka diprediksi pilpres 2019 Jokowi bakal menang telak.

Apalagi, tidak ada putra daerah asal Sumsel yang maju dalam Pilpres 2019 mendatang. Diketahui pada pilpres 2014, putra Sumsel, Hatta Rajasa berpasangan dengan Prabowo Subianto.

Demikian analisis wartawan senior Sumsel, R Imron dalam acara diskusi Peta Pilpres 2019 di Sumsel yang digelar Forum Mahasiswa Cinta NKRI di Palembang, Rabu (05/9).

Menurutnya,gencarnya pembangunan infrastruktur di Sumsel dalam 4 tahun terakhir memang telah dirasakan menfaatnya langsung oleh masyarakat Sumsel,seperti antara lain Jalan tol Palembang – Inderalaya, Light Rapid Transportation (LRT) dan irigasi. Selain itu dipercayanya Kota Palembang menjadi tuan rumah Asian Games 2018 juga terbukti mampu mengangkat citra Sumsel di mata internasional.

“Citra Pak Jokowi di mata masyarakat Sumsel sangat positif. Apalagi infrastrutur yang dibangun di Sumsel adalah infrastruktur strategis yang mampu meningkatkan citra Sumsel di tingkat nasional dan dunia,’’ papar R Imron.

Menurutnya,kekalahan Jokowi di Sumsel pada Pilpres 2014 lalu sangat dipengaruhi oleh sosok Hatta Rajasa yang memang dikenal sebagai putra daerah terbaik Sumsel di tingkat nasional.

Sehingga sentimen kedaerahan saat ini sangat kental sehingga pasangan Prabowo-Hatta mengungguli pasangan Jokowi-JK. Apalagi saat itu, hampir seluruh kepala daerah di Sumsel mendukung pasangan Prabowo-Hatta.

Sementara saat pasangan Jokowi-JK hanya didukung oleh Bupati OKU Timur, H.Herman Deru bersama parpol koalisi.

“Prediksi saya pada Pilpres 2019 mendatang Pak Jokowi akan meraih kemenangan sekitar 60%. Petanya berubah,’’ tegas R Imron.

Hal senada disampaikan pengamat politik Sumsel, Ardiansyah Chaniago. Dosen salah satu PTS di Palembang itu dalam diskusi tersebut menambahkan, kemenangan Jokowi juga dipengaruhi oleh tampilnya pasangan Gubernur dan Wagub Sumsel terpilih. Herman Deru- Mawardi Yahya (HDMY) yang sudah mendeklrasikan diri untuk memenangkan pasangan Jokowi-Makruf Amin.

“Herman Deru punya pendukung militan yang cukup besar di Sumsel, hal ini sangat menguntungkan bagi Jokowi-Makruf Amin,’’tegasnya.

Faktor lain, kata Ardiansyah Chaniago, parpol koalisi Jokowi-Makruf Amin di Sumsel terdiri dari para tokoh politik yang mengakar di Sumsel, antara lain Ketua Golkar Sumsel, Alex Noerdin dan Ketua DPW Nasdem Sumsel, Syahrial Oesman.

“Prediksi saya, Pilpres 2019 mendatang Sumsel punya Jokowi,’’ ujarnya.(del)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses