Gerhana Matahari Total, 9 Maret Ampera Ditutup

Gerhana Matahari Total, 9 Maret Ampera Ditutup
Fenomena Gerhana Matahari Total bisa dilihat di Palembang pada 9 Maret 2016 nanti.
Posted by:

PALEMBANG-Gerhana Matahari Total yang terjadi di Palembang pada 9 Maret mendatang, akan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Momentum ini bisa dijadikan sebagai ajang untuk menarik minat wisatawan luar berkunjung ke Sumsel.
Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, bahkan sudah memiliki berbagai rencana untuk menyambut Gerhana Matahari Total yang terjadi pada pagi hari tersebut. Salah satunya dengan menutup Jembatan Ampera untuk sementara pada 9 Maret yang bertepatan dengan Hari Raya Nyepi itu.
“Palembang merupakan salah satu dari sembilan kota yang dilalui Gerhana Matahari Total. Rencananya nanti kita akan melihat prosesnya dari Jembatan Ampera, karena disanalah posisi yang paling bagus. Untuk itu nanti akan kita tutup sementara, tapi akan dibahas lagi nanti oleh dinas teknis terkait,” ungkap Alex kepada wartawan di Griya Agung, Selasa (12/1/2016).
Penutupan Jembatan Ampera ini rencananya akan dilakukan mulai tengah malam hingga tengah hari keesokan harinya. Pasalnya, Gerhana Matahari Total diprediksi akan terjadi pada pukul 07.20 WIB dan hanya berlangsung satu menit. Namun, Gerhana Matahari Total tersebut biasanya membutuhkan waktu hingga dua jam.
“Sembari kita menunggu proses terjadinya Gerhana Matahari Total, kita makan-makan dan ngobrol-ngobrol terlebih dahulu di lokasi tersebut,” lanjut Alex.
Untuk itu, Alex meminta kepada semua pihak untuk menyosialisasikan kejadian alam yang langka tersebut ke seantero Indonesia bahkan negara luar. Alex menyebut, tanggapan positif sudah datang dari sejumlah warga Jepang yang berencana akan melakukan kunjungannya ke Palembang untuk menyaksikan Gerhana Matahari Total secara langsung.
“Kesempatan ini tolong dimanfaatkan, karena Gerhana Matahari Total akan terjadi lagi di Palembang menunggu 100 tahun lagi,” pungkasnya. (ety)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses