Gunakan Games Sebagai Media Edukasi

Gunakan Games Sebagai  Media Edukasi
Otoritas Jasa Keuangan bersama BEI Kantor Perwakilan Sumsel sosialisasi pasar modal melalui games Stocklab,
Posted by:

DEMANG LD – Sejauh ini Bursa Efek Indonesia beserta Otoritas Jasa Keuangan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat akan investasi saham. Kali ini, ada trik khusus yang dilakukan dengan menggunakan games Stocklab sebagai media.

Direktur Pengawasan Lembaga Jasa keuangan Kantor Regional 7 Sumatera Bagian Selatan, Sabil menuturkan, banyak hal yang dilakukan pihaknya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat, wartawan dan pelaku bisnis didaerah atas issue aktual dipasar Modal. Sehingga bisa memahami akan berinvestasi yang cerdas dan aman sebagai bentuk persuasive kepada masyarakat untuk menjadi investor di pasar modal, sehingga wujut kongkret dari recycle pengutuan OJK,” paparnya.

“Kali ini gunama games Stocklab untuk dapat dipahami lebih cepat,” paparnya. Sementara itu, Deputi Direktur Penetapan Sanksi Pasar Modal 2, Otoritas Jasa Keuangan , Neviyanti menambahkan, dengan permainan ini peserta seoalah-olah diajak bermain dan melakukan transaksi saham baik jual maupun beli.

Dimana, Bidang Pengawasan Sektor Pasar Modal (BPSPM) akan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Pasar Modal Terpadu (SEPMT) 2017 di Palembang pada tanggal 16 18 Mei 2017. Kegiatan ini telah diselenggarakan sejak tahun 2015-2016 di 12 kota besar di Indonesia dan merupakan hasil kerjasama antara OJK dengan BEI, Perusahaan Efek dan Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI). Kota Palembang menjadi kota ke-4 diselenggarakannya program SEPMT tahun 2017 setelah Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

“Berdasarkan survei indeks literasi keuangan tahun 2016, indeks Pasar Modal Nasional hanya sebesar 4,4% meningkat dari yang sebelumnya di tahun 2013 yaitu sebesar 3,79%. Sedangkan untuk indeks inklusi Nasional tahun 2016 juga mengalami peningkatan dari 0,1 1% di tahun 2013 menjadi 1,25% di tahun 2016,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Palembang, Hari Mulyono mengungkapkan, kegiatan ini juga diharapkan dapat lebih meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap Pasar Modal khususnya di Kota Palembang. Target peserta dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah Pejabat] Pegawai Kantor CJK, para pelaku bisnis, wartawan Lokal, Dosen/Pengajar; dan Mahasiswa di daerah.

“Yang berbeda dari program SEPMT tahun ini dengan tahun Sebelumnya adalah program ini diselenggarakan bersamaan dengan dua Kompetisi games investasi Pasar Modal 2017. Tujuan kedua permainan ini adalah untuk mengedukasi masyarakat mengenai investasi di Pasar Modal melalui cara yang lebih menyenangkan, tidak kaku seperti Seminar dan Workshop pada umumnya,” ujarnya.

Dalam kedua permainan ini digunakan beberapa istilah pasar modal sederhana yang membuat para pemainnya menjadi terbiasa mendengarnya sekaligus mengetahui pula arti dari masing-masing istilah tersebut. Kompetisi games yang pertama adalah Nabung Saham GO, yang merupakan aplikasi game simulasi trading yang dibuat sederhana untuk memudahkan pengenalan Pasar Modal kepada masyarakat yang masih awam.

Aplikasi ini diciptakan, dikembangkan, dan dikelola sepenuhnya oleh PT. Winratama Perkasa atau dikenal dengan nama Wingamers dan dapat di download di google playstrore dan appstrore. Kompetisi games kedua adalah Stocklab yaitu game simulasi investasi berbentuk kartu. Games ini di-launching bersamaan dengan Nabung Saham GO pada tanggal 27 Agustus 2016 d BEI dan sudah diperkenalkan ke masyarakat di lebih dari 20 kota dan lebih dari 40 perguruan tinggi. (nik)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses