Harga Buah Apel Naik Rp 10.000

Harga Buah Apel Naik Rp 10.000
Posted by:

PALEMBANG – Naik turunnya harga kebutuhan pokok, ternyata juga berdampak kepada para pedagang buah-buahan. Hal ini terlihat di Pasar Cinde, seperti pedagang apel Fuji Mangshan mengungkapkan harga pasaran apel tersebut mengalami kenaikan sebesar Rp 10.000 perkilogramnya. Hal ini disebabkan musim yang tidak menentu serta ekonomi juga.
Saat ditemui usai berjualan di pasar Cinde Ibu Sri mengatakan kenaikan harga buah impor dipicu ekonomi yang sekarang mengalami naik turun. Sehingga berdampak terhadap harga jual buah-buahan. Seingatnya, kondisi itu terjadi sejak sekitar sebulan lalu. “Rata-rata buah yang dari luar ini pada naik harganya sekitar Rp 10.000 per kilogramnya. Jadi saya juga terpaksa menaikkan harga jual kepada pembeli,” katanya.
Seperti harga apel merah ini sekarang menjadi Rp 60.000 per kilogramnya, biasanya harga apel impor ini hanya Rp 50.000 perkilogram, sekarang ini beberapa buah-buahan impor mengalami kenaikan. “Yang saya dengar dari para agen, kenaikan itu lebih disebabkan karena faktor cuaca yang tengah mengalami musim kemarau. Dan juga stok apel fuji ini tidak terlalu banyak yang panen,” jelasnya.
Ia mengeluhkan kenaikan harga buah khususnya buah impor di pasar. Menjadikan dagangan sepi dari pembeli. Apalagi pembeli semakin berkurang mengonsumsi buah impor. Jika lama-lama tidak laku, bisa saja buah ini membusuk sehingga terpaksa dibuang. “Soalnya buah itu tidak bisa tahan lama,” pungkasnya. (roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses