Harga Tiket Melonjak

Harga Tiket Melonjak
Posted by:

PALEMBANG – Tiket mudik lebaran menggunakan jalur udara sudah lama habis terjual. Pihak maskapai belum dapat memastikan apakah akan menambah seat, namun yang pasti harga tiket pesawat melonjak tajam.

Seperti yang diungkapkan, Distrik Manager Sriwijaya Air Cabang Palembang, Darmando Purba Okta yang didampingi Supervasior Sales Representative, Okta Wulandari mengatakan, jadwal penerbangan rute Palembang- Jogyakarta, Palembang-Bangka Belitung sudah tidak dapat lagi dipesan.

“Sudah lama habis terjual, pada minggu kedua Ramadan. Sriwijaya tidak dapat lagi menerima pemesanan tiket,” paparnya.

Okta menambahkan, sejauh ini jadwal penerbangan banyak didominasi oleh event yang diadakan di Palembang. Baik jadwal penerbangan maupun jadwal kepulangan. Untuk peak season seat load factor.

“Kami melihat pengalaman dari tahun lalu pasti akan adanya peningkatan. Mengenai harga jual pun merupakan batas atas. Tidak ada lagi penjualan untuk tiket promo. Sekarang harga tiket diatas Rp 500 ribu hingga Rp 1 jutaan,” jelasnya.

Dia menuturkan, pihaknya memang sudah melakukan pelayanan pemesanan tiket arus mudik untuk penerbangan yang tersedia sebelum emmasuki bulan ramadan. “Animo masyarakat sangat banyak, hal ini memang selalu terjadi setiap tahunnya,” ujarnya.

Lanjut dia, libur lebaran tahun ini bersamaan dengan libur sekolah, sehingga menjadi momentum bagi jasa angkutan.

Sementara itu, General Manager Garuda Indonesia (GA) Branch Palembang, Asa Perkasa menjelaskan, untuk tren secara historical, dua minggu awal Ramadan biasanya jadi periode low season. Kemudian dilanjutkan H-7 sebelum lebaran, arus mudik dari Jakarta ke berbagai kota di Indonesia.

“Biasanya di Palembang pada H+1 hingga hari minggu kedua setelah lebaran akan menjadi puncak arus balik ke Jakarta termasuk Palembang. Mengenai harga kami berlakukan promo di periode low season dari Palembang,” jelas Asa.

Rute-rute domestik seperti Jakarta, Pangkal Pinang maupun Batam masih menjadi destinasi yang dipilih masyarakat. Sementara untuk rute pendek Palembang – Lampung trafiknya juga mulai tinggi.

“Penumpangnya banyak dari kalangan pegawai perusahaan, BUMN maupun dari pemerintahan. Sebab menjelang lebaran, banyak perusahaan yang melakukan konsolidasi antar daerah terutama yang kantor wilayah berbasis di Palembang,” terangnya.

Mengenai harga tiket, dia menerangkan, jika harga pada fix season terbilang tinggi, maka jika beli di saat sebelum peak season terjadi masih bisa dapat harga yang cukup murah.

“Bisa saja jika pemesanan jauh- jauh hari. Misalkan saja, tiket tujuan Palembang – Jakarta pada peak season diestimasi akan tembus di angka di atas Rp1 juta. Jika beli jauh hari sebelum Ramadan, masih bisa di harga kisaran Rp600 ribu-an.

Kenaikan harga tiket juga terjadi pada maskapai Lion Air, namun sayangnya pihak Lion tdiak dapat dihubungi. Namun, ketika koran ini mendatangi staf ticketing Lion yang berada di Bandara Sultan Mahmmud Badarudin II Palembang, mendapatkan harga tiket sudah alami kenaikan.

“Iya, sekarang seat kita tersisa sedikit untuk rute penerbangan H-1 hari raya. Harganya juga sudah bukan harga promo lagi, Rp 440 ribu untuk penerbangan Palembang-Jakarta. Kita gunakan tarif batas atas, tidak terlalu tinggi perbedaan harganya hanya kisaran Rp 100 ribuan saja,” pungkas staf tiketing Lion yang enggan menyebutkan namanya. (nik)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses