Hasil Survei, Nansuko Unggul 60,5 Persen

Hasil Survei, Nansuko Unggul 60,5 Persen
Prana Putra Sohe
Posted by:

LUBUKLINGGAU,–
Pasangan bakal calon (balon) walikota dan wakil walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe dan H Sulaiman Kohar (NanSuko), hingga saat ini masih tetap unggul dibandingkan balon lainnya. Bahkan berdasarkan hasil survei balon incumbent ini jauh berada diatas rata-rata balon lainnya.

“Dari hasil survei Pasangan Nansuko unggul 60,5 persen dibandingkan kandidat lainnya, diikuti Rustam Effendi-Riezky 19,8 persen,” demikian diungkapkan Ketua Timses Nansuko, Edy Syahputra, Selasa (15/8).

Menurut Edy, angka tersebut berdasarkan hasil survei dari Saiful Mujani, yang merupakan salah satu lembaga survei yang melaksanakan survei untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) Lubuklinggau. “Ada 26 nama toko populer di Lubuklinggau, dari 26 nama itu mengerucut menjadi empat nama,” ujar Edy.

Dari empat nama itu, lanjut Edy, calon incumbent (Nanan) yang paling dikenal diantara 25 nama lainnya. Karena 99 persen warga Kota Lubuklinggau mengenal Nanan, dan 91 persen menyukai balon incumbent itu. “Ini merupakan dasar seseorang bisa maju menjadi walikota,” kata Edy yang pernah menjabat sebagai wakil walikota Lubuklingga ini.

Dijelakan Edy, Saiful Mujani, melakukan survei dengan metode multistage random sampling. Dimana dalam pelaksanaan survei dilakukan di semua kecamatan. Disetiap kelurahan dipilih 5 RT dengan cara random.

“Simulasi Nansuko tetap diatas dengan angka 60,5 persen, diikuti Rustam-Riezky 19,8 persen sedangkan pasangan lain masih dibawah 1 persen,” terang Edy.

Selain itu, ditambahkan Edy, Nansuko juga didukung oleh banyak patai politik (parpol). Sementara Rustam hanya didukung oleh satu parpol yakni, Nasdem. Hingga saat ini hanya tiga parpol yang masih berproses dan belum menyatakan dukungannya.

Sementara, hasil survei dari Saiful Mujani itu dikatakan Edy, merupakan yang pertama. Karena setelah ini Saiful Mujani masih akan melakukan empat kali survei lagi. “Selain Saiful Mujani, ada lembaga survei lain yang saat ini sedang berjalan dan hasilnya belum diketahui,” pungkasnya. (yat)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses