HD Gugah Pejabat untuk Kembalikan Aset Bergerak

HD Gugah Pejabat untuk Kembalikan Aset Bergerak
Gubernur Sumsel Herman Deru usai rapat paripurna pidato visi dan misi di DPRD Sumsel, kemarin. (f : koer/palpos)
Posted by:
PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru memulai langkah penyelamatan aset milik Pemprov Sumsel. Gubernur tidak segan-segan untuk mengingatkan semua pejabat yang tak menjabat lagi, untuk mengembalikan semua fasilitas milik negara.

“Mulai hari ini (kemarin), Wakil Gubernur Pak Mawardi sudah menandatangi penarikan beberapa aset bergerak. Maka saya imbau, untuk pejabat yang sudah mengakhiri masa jabatan, tanpa mengurangi rasa hormat kami, tolong kembalikan aset bergerak milik Sumsel, jika itu belum dibayar lelangnya,” tegas  HD kepada media, usai rapat paripurna pidato visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel masa jabatan 2018-2023, Senin (08/10).

Menurut HD, saat ini pihaknya terus melakukan inventarisir aset Sumsel. Di mana sebagian sudah mulai berjalan dan sebagian sudah mendapat laporan. Laporan ini tidak hanya diambil berdasarkan keterangan pejabat pemerintah saja. Tetapi pihaknya juga mengharapkan peran serta masyarakat untuk memberikan laporan mengenai hal ini.

“Saya juga mohon bantuan pada masyarakat untuk memberikan informasi yang terus menerus, kecuali dari data yang saya dapat dari sumber yang berwenang, seperti Inspektorat, Bidang Aset dan tentu saya butuh laporan dari masayrakat. Jadi, kalau pejabat masih memegang aset bergerak milik pemerintah, sebaiknya dikembalikan saja daripada diambil oleh petugas. Dengan segala hormat,” imbuhnya.

Mantan Bupati OKU Timur dua periode ini, mengungkapkan, bersama Wakil Gubernur Mawardi Yahya,  dia menyampaikan visi dan misi seperti ketentuan yang berlaku selama ini, bahwa setiap kepala daerah dan wakil kepala daerah yang sudah terpilih diberikan waktu kurang dari satu minggu untuk menyampaikan visi misinya di depan rapat paripurna DPRD dan melibatkan masyarakat secara terbuka.

Dalam rapat paripurna, HD menyampaikan lima misi yakni, pertama membangun Sumsel berbasis ekonomi kerakyatan yang didukung oleh sektor pertanian, industri dan UMKM yang tangguh untuk mengatasi pengangguran dan kemiskinan di perkotaan maupun pedesaan. Kedua meningkatan SDM, baik laki-laki maupun perempuan yang sehat, berpendidikan, profesional dan menjunjung tinggi nilai-nilai keimanan, ketaqwaan, kejujuran dan integritas.

Ketiga,  mewujudkan tata kelola pemerintah yang bebas KKN dengan mengedepankan transparansi dan akuntabilitas yang didukung aparatur pemerintah yang jujur, berintegritas, profesional dan responsif. Keempat membangun dan meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur, dan kelima meningkatan kehidupan beragama, seni dan budaya untuk membangun karakter kehidupan sosial yang agamis dan berbudaya.

Diakhir pidatonya   HD mengatakan visi dan misi tersebut akan dijabarkan dalam rencana pemerintah jangka menengah daerah (RPJMD) Provinsi Sumsel 2018-2023. Dalam kesempatan tersebut HD Deru mohon dukungan dan kerjasamanya agar RPJMD dapat selesai tepat waktu. (del)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses