Hj Ratu Anita Soviah : Dari Hobi Menjadi Bisnis

Hj Ratu Anita Soviah : Dari Hobi Menjadi Bisnis
Posted by:

PALEMBANG-
Setiap orang memiliki hobi, namun tidak semua orang bisa menjadikan hobinya tersebut menjadi peluang bisnis yang menguntungkan seperti yang dilakukan Hj Ratu Anita Soviah.
Hj Ratu Anita Soviah memiliki hobi mendesain baju dan kini memiliki butik sendiri untuk desain-desain baju yang dibuatnya tersebut. Adapun butik yang dimiliki Hj Ratu Anita Soviah tersebut yaitu bernama Butik Lentera yang beralamat di Jalan Bedil No 761 Sekip Ujung, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).
Hj Ratu Anita Soviah menceritakan bahwa dirinya sudah menyukai mendesain baju sejak dirinya remaja. “Ya, saya mulai suka mendesain baju ini sejak saya remaja. Nah dari mendesain baju inilah saya mulai membuka butik kecil-kecilan yang diberi nama Butik Lentera,” katanya.
Butik Lentera ini sendiri dibuka dirinya sejak tahun 2003 hingga saat ini atau sudah berjalan 14 tahun. “Pada awalnya sih saya buka butik didalam rumah namun bukan butik yang muslimah seperti saat ini. Kalau pakaian-pakaian muslimah seperti saat ini saya mulai menjualnya sejak saya pulang dari melaksanakan umroh di tanah suci yaitu pada tahun 2016 yang lalu,” ujar wanita berparas cantik ini.
Hj Ratu Anita Soviah menjelaskan, pakaian-pakaian yang dijual di butik lentera ini adalah pakaian-pakaian yang mengembangkan dan melestarikan kain tradisional. Untuk itu, dirinya berekplorasi dengan kain-kain tradisional Indonesia yang merupakan kekayaan intektual masyarakat, yang memang dan patut dilestarikan sebab kalau bukan kita siapa lagi. “Saya saat ini fokus dan konsisten untuk mengembangkan kain tradisional kota palembang yang luar biasa cantik dan kaya seperti songket,” jelasnya.
Lebih lanjut diungkapkannya, dirinya memilih kain etnik atau kain tradisional yang dijualnya karena ingin memperkenalkan kain tradisional kota palembang ke mancanegara. “saya ingin kain tradisional kota palembang disenangi oleh orang luar negeri dan bahkan saya berharap nantinya indonesia menjadi kiblatnya pakaian para muslimah kedepannya. Karena pakaian muslimah yang kita buat dari kain etnik atau kain tradisional yang cantik dan kaya seperti songket ini,” ungkap ibu dari 4 anak ini.
Hj Ratu Anita Soviah menambahkan, untuk dapat mendesain pakaian-pakaian muslimah yang dikolaborasikan dengan kain etnik seperti songket ini dirinya mendapatkan inspirasi ketika malam hari, bahkan dalam satu hari dirinya dapat mendesain lima pakaian. “Untuk membuat pakaian muslimah yang berkain tradisional ini saya memerlukan waktu paling lama 3 hari dan untuk budgetnya itu berbeda,” katanya.
Lanjutnya, meskipun dirinya menjual pakaian-pakaian muslimah dari kain tradisional, namun pakaian yang dibuatnya tersebut dapat dipakai untuk semua umur seperti anak-anak, remaja dan orang tua. “Pakaian yang dibuatnya pun sangat beragam, paduan warna yang sejuk menjadikan pemakai lebih sedap dilihat dan casual, tak perlu khawatir dengan pakaian tradisional karena sudah di padu dengan rancangan yang pas untuk dipakai pada era globalisasi ini. Terlebih lagi banyak muda-mudi yang memakai pakaian miliknya untuk pergi ke mall dan pesta. Jadi kenapa mesti malu memakai busana tradisional, busana tradisional juga bisa dibuat trendy dengan tidak melupakan nilai-nilai aslinya,” kata Hj Ratu Anita Soviah.
Untuk diketahui pakaian yang didesain atau dibuat Hj Ratu Anita Soviah ini pernah mengikuti pergelaran Fashion yang ada di Indonesia bahkan sampai ikut Scout London Fashion Week 2018. Bukan hanya itu saja busana nya juga sering dibeli oleh orang luar negeri seperti California, Dubai, Malaysia, hingga Negara lainnya. (cw05)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses