Hobi Balapan Tapi Tetap Aman

Hobi Balapan Tapi Tetap Aman
Posted by:

PALEMBANG – Mobil Tamiya Mini 4WD ternyata masih memiliki penggemar fanatik. Mereka adalah komunitas Tamiya Hobby’s Palembang. Mini 4WD adalah mainan yang berbentuk rakitan dari Chasis hingga body harus dirakit sedemikian rupa agar menjadi sebuah mainan yang utuh dan dapat dijalankan.

Menurut Egi Oktaledo, salah seorang Senior Komunitas, Tamiya Hobby’s Palembang merupakan wadah bagi pecinta atau hobby’s mini 4WD yang ada di Sumbagsel. “Setiap bulan komunitas ini mengadakan agenda event turnamen rutin,” ucap dia.

Penggerak dari mainan ini adalah sebuah motor DC kecil yang terpasang di antara roda belakang atau depan chasis. Kecepatan dari mobil mainan ini bergantung dari seberapa baik penggunanya merakit motor maupun integrasi elektriknya.
Diakuinya, bermain mini 4WD, khususnya bagi yang hobi balapan atau otomotif ini adalah hobi yang paling aman.

“Ini juga bisa mengasah daya nalar karena harus melakukan modifikasi. Jadi nggak asal maen dan semuanya barangnya custom. Bahan mentah mainan ini biasanya banyak didatangkan dari Jawa,” beber dia.

Saat ini, lanjut dia, anggota Tamiya Hobby’s sudah mencapai 100 orang. Ada dari daerah Lahat, Tanjung Enim, Muara Enim, Prabumulih, Batu Raja, Martapura, Pagar Alam, Jambi. “Ada juga dari Malaysia yang ikut Kejurnas di tempat kita,” ungkapnya.

Egi yang hobi bermain mini 4WD sejak kelas 4 SD ini menambahkan, kepuasan dari bermain mini 4WD tergantung dari jenis permainannya. Ada 3 kategori jenis di permainan ini, yakni Speed alias Nascar (buat yang suka adu cepat dan stabilitas mobil yang baik), kedua Sloop (hampir sama dengan motor cross sebab ada jumping atau lompatan. Terakhir, teknikal yang ada lompatan tapi lebih rumit, namanya Standar Original (semua barangnya harus dari original pabrikan Tamiya). Jadi kepuasan itu tergantung dari jenis yang dihobikan masing-masing. Belum tentu yang hobi tamiya itu suka ketiga jenis permainan mini 4 WD itu,” urai pria 27 tahun ini.

Ia mengharapkan, komunitas ini bisa terus hidup. Sebab permainan mini 4WD sediri sudah masuk ke Indonesia sejak 1989 dan 1990 dan sampai sekarang hobi ini gak pernah mati.

“Mudah-mudahan, pecinta hobi mini 4WD bisa terus berkembang khususnya di Sumsel. Dan kita juga pecinta permainan ini butuh juga bibit baru agar komunitas ini bisa terus eksis,” beber dia.

Di tempat yang sama, M Syamsul Rizal, Pemilik Track Pit Tamiya Hobby’s Palembang menambahkan, kelebihan main mini 4 WD ini dengan hobi lain adalah hobi yang paling aman dan harus bermainnya harus memakai kecerdasan intelektual yang tinggi.

“Memang mobil itu kecil, tapi teknologi sudah hebat. Misal dari elektrikal baterai tidak hanya di cash saja, tapi diolah bagaimana baterai ini bisa membuat mobilan lebih kencang. Selain itu dinamo atau mesinnya, itu harus dicari efisiensinya agar kita bisa hemat untuk penggunaannya,” pria yang hobi main mini 4WD sejak 1991 ini.

Pria yang akrab disapa Izal ini menyediakan 3 track untuk bermain mini 4WD, yakni untuk lintasan Speed, Sloop, dan Standar Original.
“Jika diadakan kompetisi Tamiya yang menang bisa dikirim ke Jepang. Kompetisinya berjenjang dari lokal, nasional dan Internasioal yang akan kirim ke Jepang. Di Pit ini kita juga menyediakan spare part Tamiya yang lengkap. Terutama baterai dan part tamiya yang gampang rusak karena menabrak atau kejadian lain ketika bermain,” tambah pria 33 tahun ini.

Sebagai pemilik Pit, Izal pun berharap dengan dibuka track mini 4WD sendiri bukan hanya untuk konteks bisnis, tapi yang paling utama adalah penyaluran hobi. (ika)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses