Honda Masih Banyak PR

Honda Masih Banyak PR
Posted by:

Barcelona – Kampiun MotoGP 2016 Marc Marquez menyebut Honda masih punya banyak pekerjaan rumah (PR) untuk dilakukan musim dingin ini untuk memoles motor 2017 menjelang tes pramusim akhir Januari nanti.

Musim ini Marquez meraih titel kelas primer ketiganya dengan menunggangi RC213V yang kepayahan bersaing dalam aspek akselerasi, dibandingkan dengan motor dari pabrikan Yamaha, Ducati, dan bahkan Suzuki.

Dalam perjalanan musim Honda membuat kemajuan tapi kini harapan ditumpukan pada mesin 2017 yang bakal banyak berubah, dengan Marquez dan Dani Pedrosa menjajalnya untuk kali pertama di Misano pada September.

Dalam tes usai MotoGP Valencia lalu, Marquez juga sudah menguji paket barunya. Ia menyebut pengembangan yang ada sebagai ’peningkatan kecil’ dan memudahkan lajunya, walaupun tetap meminta lebih dari Honda sebelum tes Sepang pada 30 Januari.

”Sepertinya saya masih bisa memiliki punya grip motor lebih baik, pengaturan gas juga bisa lebih baik lagi, beberapa hal positif,” ucap Marquez di Autosport.

”Tapi nanti juga akan ada mesin yang berbeda, perangkat elektroniknya, fondasi yang kami miliki dengan motor pada saat ini. Dengan mesin baru ini, ketika bannya turun kami masih harus menyesuaikan banyak hal,” lanjut pembalap Spanyol ini.

”Titik lemah kami dalam hal akselerasi juga masih ada. Saya senang dengan pekerjaan yang kami lakukan, tapi masih ada banyak yang harus kami kerjakan. Honda harus bekerja lebih keras musim dingin ini untuk memberi saya paket lebih oke untuk Malaysia,” sebutnya.

Dalam tes lalu fokus Honda adalah mengenai mesin, alih-alih menguji sasis baru tapi Marquez juga menjajal sejumlah konsep geometri berbeda. ”Kami harus terus bekerja karena pada durasi lama rasa motornya amat berbeda dari motor yang biasa saya gunakan dalam balapan. Pun begitu saya masih bisa kencang, tapi kesulitan di beberapa titik,” ujar Marquez.

Rider Repsol Honda yang senegara dengan Jorge Lorenzi itu juga menyatakan bahwa dirinya sudah berusaha menyesuaikan gaya berkendaranya dengan mesin baru, tapi yakin polesan pada motor tetap bisa meningkatkan performa.

”Saya mengusahakan perubahan besar pada motor (dan) berusaha mengadaptasikan gaya berkendara saya agar bisa mencapai keseimbangan pada motor dan saya sudah bisa melakukannya. Pada akhirnya (Dani Pedrosa dan saya) bisa dan harus melakukannya, tapi kami butuh sesuatu yang lebih agar bisa terus melangkah maju,” tutur Marquez. (har/dbs)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses