Honor Penyuluh Agama Naik 100 Persen

Honor Penyuluh Agama Naik 100 Persen
Posted by:
PALEMBANG- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan, HM Al Fajri Zabidi, S.Pd,MM,M.Pd.I mengaku sangat bersyukur mendapat kabar naiknya honor penyuluh agama sebesar 100% atau dua kali lipat.

Saat ini honor penyuluh agama masih sebesar Rp 500 ribu per bulan. Namun mulai tahun 2019, honor ini akan meningkat menjadi Rp 1 juta perbulan. Ini Patut disyukuri dan sekaligus menyampaikan apresiasi setinggi tingginya kepada Presiden Jokowi dan Menteri agama RI, Lukman Hakim Saifuddin yang juga pengurus Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (DPP PPP) atas keputusan ini.  Paling tidak, kaabar ini membuat para penyuluh agama bersuka cita.

“Kenaikan ini sudah disampaikan Pak Jokowi saat bertemu ribuan penyuluh agama di Semarang Jawa Tengah beberapa waktu lalu. Diharapkan kenaikan ini bisa meningkatkan semangat para penyuluh agama melayani masyarakat, khususnya menyampaikan pesan Islam yang rahmatan lil alamin, kenaikan ini selaras dengan janji Presiden Jokowi yang memang mengupayaan kenaikan honor. Menteri Agama juga sudah memberikan kepastian akan hal tersebut,” ujar Fajri.

Wakil Ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Sumatera Selatan ini juga memastikan bahwa kenaikan honor tersebut akan dinikmati oleh seluruh penyuluh agama honorer baik yang dari Islam, Hindu, Katholik, Budha maupun Kristen.

“semua penyuluh agama honorer akan menikmati kenaikan ini. Saya harap bisa menambah semangat an motivasi kerja bagi para penyuluh agama honorer,” pungkasnya.
Salah seorang penyuluh agama Islam Honorer Palembang, Helmiyah mengaku sangat bersyukur mendapat kabar ini, dia merasa honor penyuluh agama selama ini dirasa memang sangat minim sementara tuntutan aktivitas penyuluh yang cukup padat untuk membina jamaah.

“Ini kabar baik, kita bersuka cita dengan kenaikan ini semoga bisa semakin memacu semangat kami dalam bertugas,” harapnya.

Sementara itu, ketua Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Sumaterta Selatan Muhammad Hanafi mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada Presiden Jokowi dan Bapak Menteri Agama RI.

“Terima kasih Pak Presiden dan Pak Menteri Agama atas perjuanganya sehingga honor penyuluh agama honorer tahun depan naik 100%. Sekaligus saya berharap kepada para penyuluh agama dengan kenaikan honor ini bisa meningkatkan kinerja para penyuluh, lebih aktif, lebih semangat dalam tugas tugas dilapangan untuk melayani umat,” imbuhnya.

Untuk diketahui jumlah penyuluh agama mencapai 45 ribu orang sedangkan untuk Sumatera selatan berjumlah 1590 orang.
Kepastian kenaikan tersebut tertuang dalam Surat Menteri Keuangan Nomor S-815/MK.02/2018 tentang satuan biaya masukan lainya dilingkup Kementerian Agama yang ditanda tangani Menteri Keuangan RI pada 29 oktober 2018.(rel)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses