Ikan Mati Tercemar Limbah

Ikan Mati Tercemar Limbah
Banyak ikan mati di anak Sungai Ambon akibat pencemaran limbah. Foto Denni/Palembang Pos
Posted by:

BANYUASIN – Pencemaran limbah disinyalir dari pabrik minuman teh ringan atau PT TPJ, menyebabkan banyak ikan mati di anak Sungai Kali Ambon. Kejadian setelah warga Kelurahan Sukomoro, RT 21/04, Kecamatan Talang Kelapa, Banyuasin mengeluhkan kejadian tersebut.
Dari keterangan warga Sukomoro, Mubasir (35) menyebutkan, limbah diduga dari pabrik minuman teh ringan telah menyebabkan banyak ikan mati di Sungai anak Kali Ambon.

“Ya bukan hari ini saja kejadiannya. Malah sudah sekitar sejak 3 bulan lalu. Ikan mati, anak Sungai ini mengalir ke Sungai Hitam, dipakai utuk kebutuhan sehari-hari,” ungkapnya.

Mubasir mengatakan, efek dari pencemaran limbah, menyebabkan gatal kulit dengan warna air menjadi hitam pekat. Kejadian tersebut sudah disampaikan ke perangkat pemerintahan di Talang Kelapa, namun sampai sekarang belum ada tanggapan.

Ironisnya lagi, Mudasir mengeluhkan, selain itu kehadiran perusahaan minuman teh ringan tersebut, menyebabkan sumur warga menjadi kering. “Heran juga kami, sebelumnya tiap tahun sumur warga tidak pernah kering. Baru tiga bulan sudah surut,” ujarnya.

Ia bersama warga Kelurahan Sukomoro, atas insiden tersebut pihak perusahaan minuman teh tersebut, untuk menyelesaikan persoalan lingkungan tersebut.
Sedangkan Factory Manager PT Tirta Persindo Jaya, Charles Silalahi ketika dikonfirmasi belum memberikan pernyataan terkait kejadian itu. (adi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses