Independensi Timsel Bawaslu Dipertanyakan

Independensi Timsel Bawaslu Dipertanyakan
gedung bawaslu sumsel

PALEMBANG-
Timsel calon Anggota Bawaslu Sumsel periode 2017 -2022 dipertanyakan independensinya terkait dengan pengumuman hasil tes tertulis, tes kesehatan dan psikologi yang diumumkan Rabu (15/8).
Disinyalir ada sejumlah nama peserta dinyatakan lulus ternyata hasil nilai CAT yang digelar di kampus FK Unsri, jauh dibawah peserta lain yang tidak lulus.

Sejumlah peserta menginginkan Timsel bersikap jujur, terbuka dan transparan dalam penilaian nilai secara keseluruhan. Sebab dikalangan peserta sudah beredar daftar rangking nilai hasil ujian CAT.

‘’Jelas dari hasil CAT itu saja kita bisa membandingkan nama-nama yang lulus dengan peserta lain. Masak iya ada peserta yang lulus justru nilainya jauh dibawah nilai yang tidak lulus,’’ ujar Kawar Dante S, salah satu peserta tes Bawaslu.

Dia menduga bahwa proses seleksi tidak jujur dan terindikasi mencederai proses pemilu yang jujur dan adil. Jelas sulit akan menghasilkan Pemilu yang berkualitas jika proses seleksi penyelenggaran Pemilu sudah tidak jujur dari awal. ‘’Kita kecewa dengan proses ini dan akan mempertanyakan hal ini kepada Bawaslu dan DKPP,’’ tegasnya.

Selain itu, peserta juga mengeluhkan website Bawaslu Sumsel yang sejak pengumuman hasil tes CAT sering mengalami eror sulit untuk dibuka. ‘’Apakah ini ada semacam permainan,’’ ujarnya.

Juga terdengar informasi, Timsel sudah melakukan rapat pleno menentukan kelulusan pada saat sebagian peserta karena peserta dibagi dalam dua gelombang, belum mengikuti tes kesehatan dan psikologi.

Sejumlah peserta juga menginginkan agar Timsel membuka hasil tes kesehatan dan psikologi. Seharusnya, umumkan terlebih dahulu hasil tes tertulis kemudian baru diadakan tes kesehatan dan psikologi. ‘’Disinilah celah adanya permainan itu,’’ ujarnya.

Sementara, Ketua Timsel calon anggota Bawaslu Sumsel, Dr Sri Rahayu SE, Ak saat dihubungi mengatakan, ketentuan kelulusan calon anggota Bawaslu sudah berdasarkan ketentuan.

‘’Mengenai ada daftar nilai ujian CAT peserta yang beredar itu dari dikeluarkan Bawaslu RI. Sementara, ketentuan kelulusan berdasarkan gabungan dari tes kesehatan, psikologi dan fisik yang prosentasenya 10 persen,’’ ujarnya. (dan)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply