Loading ...
Creative

Cpanel


User1


User2


1 Juli Pendaftaran USM Unsri PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Friday, 28 June 2013 12:33

Bukit Besar, Palembang Pos.-
Setelah digelarnya Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) beberapa waktu lalu, kini panitia seleksi kembali akan membuka Ujian Saringan Masuk (USM) Universitas Sriwijaya (Unsri) jalur mandiri. Dijadwalkan, USM akan dimulai pada 1 Juli mendatang secara online.
“Pendaftaran jalur USM akan dibuka 1 Juli mendatang. USM merupakan jalur terakhir yang bisa diikuti calon mahasiswa (cama) setelah sebelumnya jalur undangan dan tertulis sudah dilaksanakan. Ini untuk menyeleksi cama yang khusus memilih program studi (prodi) di Unsri,” ungkap Ketua Pelaksana USM Unsri 2013, Prof Dr Zulkifli Dahlan MSi DEA, dibincangi wartawan, Jumat (28/6).
Untuk proses seleksi, kata dia, mengacu pada standar nasional dan standar penilaian juga mengikuti standar penilaian SBMPTN. Proses pendaftaran dilakukan secara online dan pengolahan data lembar jawaban ujian (LJU) diproses dengan sistem komputerisasi di Unsri.
“Bagi peserta silahkan menyimak semua petunjuk sebelum mengisi formulir di website www.usm.unsri.ac.id secara teliti. Untuk USM Unsri dikategorikan dalam delapan kelompok ujian, yakni dari kelompok Saintek S1 lulusan SMA, kelompok Soshum S1 lulusan SMA, kelompok campuran S1 lulusan SMA, kelompok Saintek D3 lulusan SMA, kelompok Soshum D3 lulusan SMA, kelompok campuran D3 lulusan SMA, kelompok Saintek S1 lulusan Diploma, dan kelompok Soshum S1 lulusan Diploma,” paparnya.
Peserta hanya boleh memilih prodi pada salah satu kelompok, yaitu kelompok S1 saja atau kelompok D3 saja. Sebelum melakukan pendaftaran, peserta harus melakukan pembayaran di seluruh kantor cabang Bank SumselBabel. Hal ini berbeda dengan SBMPTN, untuk pembayaran biaya pendaftaran USM peserta harus membayar melalui teller bank.
“Biaya pendaftaran untuk kelompok Saintek dan Soshum sebesar Rp 300 ribu dan untuk kelompok campuran harus membayar sebesar Rp 400 ribu. Bagi peserta yang memilih prodi Penjaskes S1 juga harus membayar biaya ujian keterampilan Rp 150 ribu. Bagi warga asing yang ingin mendaftar harus membayar $ 100 (seratus US dollar),” terang Zulkifli.
Dia membeberkan, setelah melakukan pembayaran, peserta akan mendapatkan slip bukti pembayaran yang tercantum Nomor Identitas, Nama, Pin USM, dan Kelompok USM. Kemudian peserta melakukan pendaftaran secara online melalui website www.usm.unsri.ac.id dan bisa mendownload petunjuk teknis di website tersebut. Selanjutnya setelah melakukan pendaftaran online, peserta akan mendapatkan kartu tanda bukti pendaftaran yang berisi identitas peserta termasuk foto, nomor peserta, lokasi ujian dan jadwal ujian. Kartu tanda bukti pendaftaran tersebut harus diprint out dan dibawa ketika ujian sebagai tanda peserta saat ujian.
“Untuk seluruh peserta tidak lupa membawa kartu tanda bukti pendaftaran sebagai tanda peserta dan ijazah/STTB dan NEM/SKHUN/Transkrip asli atau fotokopi yang dilegalisir. Bagi mahasiswa program D3 semester akhir yang mengikuti ujian juga harus membawa surat keterangan sedang atau akan mengikuti ujian akhir program atau surat keterangan lulus,” himbaunya.
Sementara untuk pelaksanaan tes, akan dilaksanakan pada 17-18 Juli bagi kelompok Saintek S1, Soshum S1, dan campuran S1 lulusan SMA dan D3. Selanjutnya, tes untuk kelompok Saintek D3, Soshum D3, dan campuran D3 pada 25 Juli mendatang.(ety)