Loading ...
Creative

Cpanel


User1


User2


KPU Sumsel Tetapkan DPT Pileg 2014 PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Saturday, 19 October 2013 17:04

Kertas Suara Caleg Tanpa Foto

Radial, Palembang Pos.-

Mengingat agenda pemilihan legislative tahun 2014 mendatang tinggal beberapa bulan lagi. Sabtu (19/10) kemarin Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan menggelar Rapat Pleno terbuka penetapan DPT Pileg 2014.
Ketua KPU Sumsel Anissatul Mardiah, usai rapat pleno tersebuka mengatakan, rapat ini digelar dalam rangka mempersiapkan secara maksimal pelaksanaan pileg 2014 mendatang. Rapat yang digelar di Hotel Budi ini, dihadiri komisioner KPU sesumatera selatan beserta perwakilan partai politik peserta pemilu.
“Dalam pleno ini kita mengundang seluruh perwakilan komisioner KPU sesumatera selatan dan parpol peserta pileg 2014 mendatang, untuk membahas penetapan DPT,” terangnya.
Menurutnya, hasil rekapitulasi DPT Sumsel atau formulir A.3-4.KPU, tahun ini teradapat peningkatan DPT di Sumatera Selatan dari 5,2 juta DPT pada pileg 2009-2014, meningkat menjadi 5,7 juta DPT pileg periode 2014-2019 mendatang. “Berdasarkan hasil keputusan pleno terbuka yang kami sepekati, total jumlah DPT Sumsel untuk pileg 2014 sebanyak 5.793.191 dan ini sudah sah serta berlaku untuk semua KPU seSumsel,” jelasnya.
Terkait surat suara pileg 2014, Anisatul mengatakan, dalam surat suara tidak akan dipasang foto para calon anggota legislatif (caleg) yang akan bertarung nanti. Namun, untuk memudahkan masyarakat dalam memilih wakilnya, disetiap TPS akan dipasang foto masing-masing caleg.
“Untuk para caleg, saya sarankan tidak perlu menampilkan sosialisasi foto dengan perang baleho. Sebab pada kertas suara pileg 2014, hanya nama saja dan logo partai tanpa foto yang bersangkutan,” tukasnya.
Sementara itu, Komisioner KPU Kelly Mardiana menjelaskan, jika dalam pelaksanaan pileg nanti terdapat calon pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT, yang bersangkutan tetap dapatn menggunakan hak suaranya dengan mendaftar di Panitia Pemungutan Suara (PPS) di lokasi terdekat.
“Memang sering banyak keluhan terkait calon pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT, tidak perlu khawatir tinggal melakukan pendaftaran di PPS terdekat dengan menggunakan KTP,” pungkasnya. (cr10)