Loading ...
Creative

Cpanel


User1


User2


Pentingnya Akreditasi untuk Kualitas Pendidikan PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Monday, 11 November 2013 12:43

Pakri, Palembang Pos.-
Anggota Komisi Sistem Informasi Manajemen Akreditasi Pusat Pendidikan Non Formal (PNF), Dr Hj Nurlaila N Q Mei Tientje MPd mengatakan, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional bahwa satuan pendidikan nasional wajib untuk memperoleh akreditasi. Adapun prosesnya, bagi lembaga PAUD langsung mengajukan kepada Badan Akreditasi Nasional (BAN) PNF dan selanjutnya mengisi instrumen untuk memperoleh akreditasi.
“Pasalnya akreditasi merupakan bagian terpenting untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya bagi lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD). Kalau melihat kondisi di Palembang, pengurus PAUD merasa rumit dan tidak memahami teknis mengurus akreditasi tersebut. Padahal, biaya akreditasi ditanggung oleh pemerintah setempat dan prosesnya pun hanya menilai kelengkapan adminitrasi,” terangnya.
Dari 80 ribu PAUD di Indonesia, saat ini ada sekitar 50 persen sudah terakreditasi. Mirisnya lagi, di Kota Palembang hanya tujuh PAUD sudah terakreditasi dari total 349. Tentunya kondisi tersebut sangat memprihantinkan dibandingkan daerah lain. “Walaupun tidak ada unsur yang mengikat dalam proses akreditasi. Tetapi, akreditasi sangat diwajibkan karena dengan melewati tahapan tersebut maka lembaga PAUD bisa dikategorikan lembaga yang tertib administrasi dan berkualitas,” pungkasnya.
Terpisah, Ketua Himpaudi Kota Palembang, Dra Hj Murniah mengatakan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi supaya lembaga PAUD di Kota Palembang memperoleh akreditasi. Tujuannya supaya kualitas PAUD di Kota Palembang semakin meningkat.
“Untuk mengurus proses akreditasi tersebut kami tidak menargetkan untuk segera menuntaskan lembaga PAUD yang belum mendapatkan akreditasi. Kita kembalikan lagi kesadaran masing-masing pengurus PAUD tersebut, kalau PAUD ingin dikatakan berkualitas maka segera mengurus proses akreditasi ke BAN-PNF,” ajaknya.(ety)