Loading ...
Creative

Cpanel


User1


User2


RSUD Sumsel Telan Rp 450 M PDF Print E-mail
Sunday, 16 September 2012 16:12

A RIVAI - Pemprov Sumsel akan membangun  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi bertaraf internasional tahun depan.  Pembangunan rumah sakit ini akan menelan dana sebesar Rp 450 miliar. Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumsel, Matdani Nurcik mengatakan, RSUD Provinsi ini akan dibangun di lokasi eks RS Ernaldi Bahar (Erba) dengan lahan sekitar 14 hektare. RS ini nantinya akan  menjadi rumah sakit pendidikan yang bekerjasama dengan Universitas Sriwijaya (Unsri).
“Tahun depan pembangunan RSUD Provinsi dimulai. Sehingga bangunan RS Erba yang lama akan dihancurkan dan kita bangun baru,” ujarnya.
Dia menjelaskan, pembangunan  RSUD Provinsi ini dibagi menjadi dua tahap. Dananya  berasal dari berbagai sumber, diantaranya APBD Provinsi dan pihak ketiga. “RSUD Provinsi ini akan dibangun 10 lantai dan dilengkapi dengan fasilitas medis terbaik. Pembangunannya diperkirakan menelan biaya sekitar Rp 450 milliar,” bebernya.
Mengenai Sumber Daya Manusia (SDM), Matdani mengatakan, akan dilakukan tes atau seleksi, baik itu dokter maupun perawat. Hal tersebut bertujuan agar para pegawai di RSUD Provinsi memiliki tenaga medis yang profesional. Sehingga pelayanan terhadap para pasien dapat sesuai dengan standar internasional.
Dia menerangkan,  RSUD Provini akan memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pasien dari kelas manapun, baik itu Jamsoskes, Jamkesmas, Askes, maupun umum. Sedangkan ruang inapnya terdiri dari  VVIP, VIP, Kelas I, Kelas II, dan Kelas III.
“Pemprov Sumsel  tetap konsisten meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, terutama pelayanan kesehatan gratis. Oleh karena itu, seluruh pasien dari kelas menengah kebawah dapat berobat di RS ini,” ucapnya.
Di lingkungan RSUD ini, sambung dia,  nantinya akan terdapat tempat perkuliahan dan  asrama untuk para calon dokter dan perawat yang mengikuti pendidikan. Sehingga lebih mempermudah proses pendidikan yang berlangsung.
Sementara, Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Setda Sumsel, Eddy Hermanto, mengatakan, pembangunan RSUD Provinsi akan dilakukan secepatnya. “Pembangunan RUSD Provinsi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Sumsel,” tandasnya. (ati)