Ingatkan Kades Jangan Arogan

Ingatkan Kades Jangan  Arogan
Bupati Lahat menyampaikan ucapan selamat kepada kades baru dilantik, Kamis (28/12).
Posted by:

LAHAT – Tidak dapat dipungkiri, masalah di tingkat pemerintah desa juga kerap bermunculan. Namun, persoalan itu sebenarnya banyak bersumber dari sikap kades yang arogan.

Dermikian diungkapkan Bupati Lahat, H Aswari Riva’i SE. Menurutnya, permasalahan itu tidak lepas dari pemahaman tupoksi dan kesadaran kades terhadap tanggungjawab sebagai pemimpin desa.

“Selama ini banyak bermunculan masalah karena prilaku kades yang arogan dalam melaksanakan tugas, dan tidak mampu berkerjasama dengan elemen masyarakat, terutama BPD,” tegasnya, usai melantik 54 kades terpilih, di Pendopoan Rumah Dinas Bupati Lahat, Kamis (28/12). Kedepan, camat diminta insentif membina kades dan perangkatnya, agar selalu tanggap dengan segala permasalahan, dengan mengedepankan pendekatan persuasif.

Aparat desa juga diimbau meningkatkan peranan, kemampuan dan wawasannya. Sebab dalam menyelenggarakan otonomi daerah, desa merupakan wilayah dan sistem pemerintahan terdepan, yang menjadi ukuran keberhasilan otonomi daerah. “Tugas berat kades, harus mengetahui potensi desanya. Sehingga arah pembangunan desa bisa jelas dan terarah,” kata Aswari. Disisi lain, Aswari berharap, setelah pilkades selesai, selesai pula segala perbedaan. Seluruh masyarakat desa harus bersatu mendukung kades terpilih, untuk membangun desanya masing-masing. (rif)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses