Ingatkan Persiapan Asian Games

Ingatkan Persiapan Asian Games
Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, menyampaikan sambutan usai mengikuti rapat persiapan Asian Games 2018 di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (11/1). Foto : Humas Sekretariat Kabinet
Posted by:

JAKARTA – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengingatkan kepada Gubernur DKI Jakarta dan Sumatera Selatan supaya mempersiapkan penyelenggaraan Asian Games 2018 yang akan berlangsung dikedua daerah. Hal itu disampaikan Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas persiapan Asian Games 2018 di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (11/1).
“Baik venue maupun penyelenggaraan harus betul-betul dimatangkan persiapannya,” tegas Joko Widodo.
Permintaan Jokowi sangat beralasan, mengingat pelaksanaan Asian Games sudah tidak lama lagi. Untuk itu, pihaknya meminta kepada para pihak yang berkepentingan supaya betul- betul mematangkan persiapan penyelenggaraan, sehingga diharapkan Indonesia akan mampu meraih sukses penyelenggaraan. Disamping itu juga sukses prestasi dan sukses ekonomi kerakyatan.
Sebagaimana diketahui, Indonesia telah ditunjuk sebagai tuan rumah pesta olahraga negara-negara Asia atau Asian Games XVIII yang akan digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus 2018 mendatang. Pada kesempatan tersebut, dia juga meminta Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani, dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, untuk menyampaikan perkembangan persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018 dan tuan rumah Moto GP Tahun 2017.  
Hadir dalam rapat tersebut, selain Menpora Imam Nahrowi juga Menteri PU-Pera, Basuki Hadimuljono serta Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar.
Terpisah, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin menegaskan, dirinya terus berjuang untuk menjadikan Palembang sebagai tuan rumah penyelenggara opening and closing ceremony atau upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 mendatang.
“Selain berjuang menjadi tuan rumah pembukaan Asian Games, kita juga tengah berjuang untuk menambah cabang olahraga yang digelar di Palembang. Paling tidak, dari 15 cabang olahraga yang sudah dipastikan dipertandingkan di Palembang bisa bertambah empat atau lima lagi. Dengan demikian, opening dan closing dipastikan di Palembang,” kata Alex.
Menurut dia, berbagai manfaat diperoleh Provinsi Sumsel sejak ditetapkan sebagai tuan rumah Asian Games 2018 mendatang, baik dibidang Ekonomi, investasi, percepatan pembangunan infrastruktur serta berbagai manfaat lainnya. Untuk itu, Alex mengharapkan, moment Asian Games ini hendaknya dimanfaatkan seluruh kabupaten/kota di Sumsel dengan menarik manfaat sebesar-besarnya dari event internasional ini.
Adapun manfaat yang diperoleh Sumsel atas diselenggarakannya Asian Games di Palembang, antara lain, sudah dibangunnya Jalan Tol Palembang-Indralaya. Ditambahkan dia, tujuan utama sebagai tuan rumah Asian Games adalah pembangunan berbagai sarana pendukung pelaksaanaan Asian Games itu sendiri. Seperti pembangunan flyover, Jembatan Musi III dan Musi IV, Jalan Tol, pembangunan LRT (Light Rail Transit), pembangunan rumah sakit baru, serta peningkatan pembangunan sarana olahraga.
“Saat ini saja sedang dibangun enam Rusunawa berlantai lima, dan akan dibangun lagi Januari ini lima Rusunami berlantai 17 ditambah tiga tower wisma atlet yang lama. Setelah semua ini selesai, wisma Atlet Sumsel dapat menampung 8.500 Atlet yang artinya 15 cabang olahraga yang sudah ditetapkan akan dimainkan di Jakabaring sudah aman,” pungkas Alex.(ety)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses