IPC Kenalkan Wawasan Kepelabuhan ke Siswa SD

IPC Kenalkan Wawasan Kepelabuhan ke Siswa SD
Posted by:

PALEMBANG-PT Pelabuhan Indonesia II (persero) atau IPC kemarin (jum’at, 20/4) memperkenalkan wawasan kepelabuhan kepada siswa-siswi sekolah dasar (sd) yang dikemas dalam kegiatan field trip (kunjungan lapangan) dengan tema “aku cinta pelabuhan”.

Adapun jumlah siswa sd yang dikenalkan wawasan kepelabuhan tersebut yaitu berjumlah 75 siswa yang berasal dari siswa kelas 5 sd negeri 52, sd negeri 53 dan sd negeri 58 yang seluruhnya berdomisili di sekitar pelabuhan boom baru.

General manager ipc palembang, agus edi santoso dalam sambutannya mengatakan, pelabuhan merupakan salah satu mata rantai logistik yang memiliki peranan penting karena fungsi pelabuhan tidak hanya sebagai tempat untuk bongkar muat barang atau naik turun penumpang kapal saja, namun turut serta dalam menjamin kelancaran perekonomian sebuah daerah bahkan negara. “Sebagai contoh, apabila arus distribusi barang terhambat di pelabuhan maka sektor industri pun akan turut terganggu sehingga dampaknya akan menimbulkan ketidakstabilan harga,” katanya.

Atas dasar itulah, pihaknya mengelar field trip untuk memperkenalkan wawasan kepelabuhan kepada siswa-siswi sd. “Kegiatan yang kita lakukan ini dapat menumbuhkan rasa kecintaan terhadap dunia kemaritiman dan kepelabuhan serta juga dapat menumbuhkan semangat nasionalisme kepada generasj muda sejak dini, mengingat pelabuhan merupakan salah satu simbol kedaulatan ekonomi sebuah negara,” ujar agus.
Agus mengungkapkan, kegiatan field trip yang dilakukan pihaknya ini tidak hanya dilakukan di kota palembang saja, melainkan dilakukan secara serentak di 11 cabang pelabuhan lainnya yang ada di lingkungan kerja ipc. “Kegiatan ini kita lakukan juga dalam rangka memperkngati hari kartini tahun 2018,” ungkapnya.

Sementara itu, saat ditanyai sisi bisnis dari pelabuhan boombaru ia mengatakan bahwa pelabuhan boombaru sebagai sentra ekonomi Sumatera Selatan (Sumsel) yang mana artinya banyak barang masuk dari luar untuk di konsumsi masyarakat Sumsel. “Disini sebulan sekitar 100an kapal yang masuk ke pelabuhan boom baru. Kita akan optimalkan lahan yang ada dan kualitas layanan kita berikan yang terbaik,” katanya.

Setelah mendengarkan sambutan, para siswa sd tersebut disuguhkan penayangan video profile tentang PT Pelabuhan Indonesia II (persero) dan diajak berkeliling sungai Musi menggunakan tug boat milik IPC.

Mereka dikenalkan tentang peralatan yang ada di kapal dan juga melihat secara langsung cara bongkar muat barang. Sorak-sorai pun terdengar ketika mereka menaiki kapal yang disediakan, tak sungkan bertanya kepada awak kapal dan para pegawai ipc. (cw05)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses