Irigasi Jebol, Warga Patungan

Irigasi Jebol, Warga Patungan
Posted by:

 

MUARADUA  – Warga Desa Peninjauan, Kecamatan Buay Runjung Kabupaten OKU Selatan melakukan gotong royong guna memperbaiki saluran irigasi diwilayah tersebut yang mengalami jebol hingga belasan meter.

Perbaikan irigasi yang bertujuan untuk memperlancar aliran air persawahan tersebut dilakukan warga dengan cara patungan alias swadaya.

Mustofa salah seorang warga yang ikut dalam gotong royong tersebut mengatakan, perbaikan irigasi dilakukan masyarakat dengan cara menambal saluran irigasi yang mengaliri puluhan hektar sawah warga.

“Saluran irigasi sumber mata air utama area persawahan kami jebol, makanya kami melakukan perbaikan agar sawah kami tak kekurangan pasokan air,” ujarnya.

Dikatakan, perbaikan dengan cara menambal semenisasi bagian irigasi yang mengalami jebol akibat termakan usia tersebut dilakukan agar masyarakat dapat kembali mengelola sawah mereka.

“Irigasi ini sumber utama sawah di Desa kami, sebab pada musim kemarau seperti ini kita akan kekurangan air jika irigasi tersebut tak diperbaiki,” ucapnya.

Sementara itu, Yandi warga lainnya mengaku, perbaikan semenisasi itu merupakan hasil swadaya kalangan petani agar saluran drainase dapat kembali berfungsi. “Kami dan petani lainya melakukan swadaya agar perbaikan bisa segera dilakukan, karena jika menunggu perbaikan sepenuhnya mungkin masih membutuhkan waktu lama,” pungkasnya. (res)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses