ISPA Meningkat Akibat Asap Karhutla

ISPA Meningkat Akibat Asap Karhutla
dr H Muzakir, Kepala Dinas Kesehatan PALI
Posted by:

PALI – Penderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut (Ispa) di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), meningkat cukup signifinan satu pekan di bulan Agustus, dibandingkan Juli 2017. Kondisi berdampak makin merebaknya asap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Sumsel PALI.Dari data Dinas Kesehatan PALI, selama bulan Juli 2017 lalu terdata sebanyak 813 orang penderita Ispa se-Kabupaten PALI. Sementra di bulan Agustus satu pekat terakhir mencapai angka 714. Hal tersebut dibenarkan Plt Kepala Dinas Kesehatan, dr H Muzakir ditemui, Selasa (8/8).

“Meningkat, terdata Bulan Juli sebanyak 813 orang penderita Ispa se-Kabupaten PALI. Sementra di bulan Agustus satu pekan terakhir mencapai angka 714,” katanya.Diterangkanya tren kasus meningkat karena kondisi asap dari Karhutla yang terjadi di wilayah Sumsel termasuk PALI, yang hingga kini masih dilakukan penanganan. Untuk menekan angka atapun mengurangi angka tersebut sambung Muzakir, pihaknya akan membuatkan pos-pos pelayanan kesehatan dari seluruh Puskesmas yanga ada di PALI.

“Secepatnya saya minta buat posko pelayanan kesehatan seluruh Puskesmas, terutama mendirikan pos kesehatan di pemukiman yang dekat dengan titik asap sehingga pelayanan cepat dan tepat,” ujarnya.Kapan akan dilakukan, besok (hari ini,red). Pihaknya akan berkoordinasi dengan kepala Puskesmas untuk merencanakan pos kesehatan. Namun, kecuali untuk Talang Ubi, karena lokasinya dekat dengan rumah sakit dan puskesmas.Lebih lanjut diterangkan Muzakir, jumlah kasus Ispa yang ditemukan dan sudah ditangani oleh petugas di Puskesmas, penderita anak-anak di bawah atau diatas lima tahun. Diakuinya tidak ada persoalan dan kendala di hadapi petugas pada fasilitas kesehatan Puskesmas dalam penanganan pasien.

“Puskesmas sejauh ini tidak ada masalah maupun kendala, semuanya bisa ditangani, untuk Ispa rawat jalan,” terang Mantan Dirut RSUD Talang Ubi itu. Muzakir menghimbau kepada seluruh masyarakat khusnya PALI yang daerahnya dekat dengan titik asap dan menderita Ispa segera ke layanan kesehatan terdekat, jangan sampai terjadi peradangan paru-paru. (day)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses