Iuran Tembus Rp 1,2 Triliun

Iuran Tembus Rp 1,2 Triliun
Posted by:

PALEMBANG- Penerimaan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) hingga Oktober 2016, sudah mencapai 96,7 persen. Atau Rp 1,2 triliun dari target tahun ini sebesar Rp1,24 triliun.

Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbagsel, Achmad Hafiz melalui Kepala Bagian Pemasaran Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbagsel, Masri mengatakan, saat ini dari sektor formal sudah mencapai 80 persen dari jumlah pekerja. Sedangkan secara keseluruhan sektor informal dan formal mencapai 28,9 persen dari jumlah pekerja.

Masri menjelaskan, saat ini pihaknya terus berupaya untuk mendorong kepesertaan dengan menggelar berbagai kegiatan sosialisasi.

“Kita secara masif terus lakukan sosialisasi. Sehingga program ini benar-benar diketahui dan dirasakan mafaatnya pada masyarakat. Bahkan kami saat ini juga terus menggeber kepesertaan di sektor informal bukan penerima upah hingga ke pasar-pasar,” kata Masri, usai membuka kegiatan Super Weekend, di Palembang Indah Mal, Sabtu (27/11).

Untuk wilayah Sumbagsel, kata Masri, kepesertaan hingga Oktober untuk tenaga kerja aktif mencapai 268.673 peserta atau sebesar 64,05 persen dari target 2016 sebesar 419.489 peserta.

“Memang kalaupun ada kendala itu karena masih ada masyarakat yang belum sadar pentingnya jaminan ketenagakerjaan ini. Terutama sektor perusahaan jasa yang masih belum maksimalkan kepesertaan. Karena itu, kita terus menggandeng seluruh pihak untuk mensosilisasikan ini. Bahkan kami juga menggelar program Super Weekend di mal, di sejumlah kota di Indonesia termasuk juga di Palembang,” jelas dia.

Diakuinya, program ini juga diharapkan dapat mengedukasi kepada masyarakat akan pentingnya jaminan sosial.

“Kita gelar acara music ada The Rain. Kemudian berbagai lomba lain seperti cosplay, lomba mewarnai anak-anak, dan BPJSTK Got Talent. Lalu ada bazaar UKM juga,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten IV Pemerintah Kota Palembang Agus Kelana mengatakan, kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan ini telah diatur undang-undang, sehingga wajib bagi perusahaan untuk mendaftarkan karyawannya pada BPJS Ketenagakerjaan.

“Pemkot Palembang juga ikut menyosialisasikan program pemerintah. Sehingga, kesejahteraan dan jaminan sosial pekerja ini dapat dipenuhi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan,” pungkasnya. (ika)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses