Jadi Ancaman Penguna Jalan

Jadi Ancaman Penguna Jalan
Posted by:

MUARADUA – Ruas jalan penghubung milik Provinsi Sumsel yang menghubungkan Kabupaten OKU Selatan (OKUS) menuju Kabupaten Liwa tepatnya di Desa Pali, kondisinya kini sangat memprihatinkan.
Pasalnya keberadaan longsor yang memakan badan jalan ini setiap saat dapat mengancam keselamatan pengendara yang melintas. Dari pantauan di lokasi, amblas yang memakan badan jalan ini sendiri memiliki diameter lebih kurang 1 meter, dengan kedalaman 10 – 15 meter. Tak pelak para pengendara yang terperosok dalam amblas yang terlihat seperti lubang tersebut dipastikan mendapat musibah yang cukup berat hingga bisa meninggal dunia.
Marni (35) warga setempat yang kerap kali melintasi jalan tersebut mengatakan keberadaan jalan amblas yang menyerupai lubang besar tersebut keberadaannya memang sangat mengancam keselamatan pengendara yang melintasi jalan tersebut.
Akibat tak adanya rambu-rambu tanda bahaya disekitar lokasi amblas, terang Marni membuat warga sekitar hanya memberikan tanda seadanya di lokasi yakni berupa kayu yang diberi kain.
“Yang jelas negeri mas, jika melihat bahu jalan yang sudah tergerus longsor itu. Tentu ini sangat membahayakan dan mengancam nyawa pengendara jika tidak waspada,” ujarnya.
Dikatakan Marni, dirinya sendiri selaku masyarakat yang sudah terbiasa melintasi lokasi tersebut, kerap kali was-was ketika harus melintasi areal jalan tersebut. Apalagi pada saat berpapasan dengan kendaraan roda empat disekitar lokasi.
“Kekhawatiran kita itu banyak sekali, pertama takut terperosok dan kedua takut tiba-tiba jalan disekitar lokasi ikut amblas terbawa ke dalam jurang,” ujarnya. Untuk kebaikan bersama, terang Marni, Pemerintah ataupun pihak terkait dapat cepat tanggap mengatasi situasi ini, baik itu melakukan perbaikan ataupun memasang rambu-rambu tanda bahaya.
Apalagi, terangnya jalan tersebut merupakan akses utama menuju lokasi objek wisata Danau Ranau. Sehingga tentunya keberadaan jalan amblas ini sangat membahayakan pengendara yang ingin berwisata mengisi hari libur nya, terlebih jika pengendara yang melintas tersebut belum mengenal kondisi jalan atau kebetulan melintas dimalam hari. (res)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses