Jadi Relawan Asian Games, Ada Pelatihan Gratis

Jadi Relawan Asian Games, Ada Pelatihan Gratis
Posted by:

Palembang-Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) akan menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan even olahraga terbesar di Asia, Asian Games 2018. Dibutuhkan ribuan relawan yang berkompeten untuk itu, sehingga bakal ada pelatihan gratis untuk meningkatkan kualitas relawan tersebut.

Adalah relawan gemilang Asian Games yang mengambil inisiatif peranan itu. Organisasi sosial independen ini akan memberikan pelatihan gratis kepada calon relawan Asian Games 2018.
“Kita tidak ingin masyarakat Sumsel hanya jadi penonton. Kita ingin nanti banyak relawan Asian Games yang merupakan masyarakat Sumsel,” kata koordinator nasional relawan gemilang Asian Games 2018, Yusma Reza Zaini.
Untuk menjadi relawan Asian Games, dijelaskan Reza, tentu dibutuhkan skill khusus, terutama penguasaan bahasa asing. “Makanya kita beri kursus singkat berbahasa Inggris, Mandarin, dan Jepang,” bener Reza.
Reza menyebutkan, pihaknya telah bergerak di Jakarta sejak Desember 2016 di Jakarta. Sehingga, saat ini sudah menjadi giliran masyarakat Palembang dan sekitarnya. “Sudah ada sekitar 500 relawan yang kita latih di Jakarta dan terus bertambah. Sedangkan Palembang baru dimulai dengan target 3000 relawan,” paparnya.
Pelatihan ini akan dilangsungkan di posko relawan gemilang Asian Games di jalan Sultan Mansyur no 761. Diungkapkan Reza, panitia besar Asian Games membutuhkan setidaknya 20000 relawan. Khusus Sumsel, akan ada 11000 atlet dan official.
Reza menegaskan, pihaknya hanya sebatas memberikan pelatihan skill. “Untuk jadi relawan Asian Games nanti silahkan daftar sendiri. Semoga dengan bekal pelatihan dapat diterima,” urainya.
Sementara bendahara nasional relawan gemilang Asian Games Pusparia menambahkan, sasaran pihaknya adalah pelajar dan. mahasiswa. “Minimal bisa bahasa Inggris pasif, jadi bisa kita sempurnakan saat pelatihan,” ulasnya.
Mengenai pendanaan, Pusparia menyatakan semuanya murni sumbangan masyarakat dan tidak menggunakan uang negara sama sekali. “Banyak yang bantu. Buktinya kita mampu sosialisasi kegiatan ini dengan bagi-bagi susu di Kambang Iwan,” tandasnya. (kie)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses