Jadi Tonggak Wisata Kuliner

Jadi Tonggak Wisata Kuliner
Posted by:

PALEMBANG – Even Catering Expo 2015 yang dibuka kemarin (14/12), dan berlangsung hingga Rabu (16/12), ternyata mendapat antusias semua pihak. Pemerintah Provinsi Sumsel berharap menjadikan even ini sebagai tonggak wisata kuliner Sumsel, khususnya Palembang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga yang membuka acara, dalam sambutannya menyebutkan sangat mengapresiasi Catering Expo yang digagas Asosiasi Perusahaan JasaBoga Indonesia (APJI) Sumsel, bekerjasama dengan Harian Umum Palembang Pos.

“Kita harus bangga memamerkan kuliner khas Sumsel,” katanya dihadapan Ketua APJI Pusat Ayu Muliadi dan jajaran, Ketua BKOW Sumsel Hj Suzanna Eddy Yusuf, Ketua APJI Sumsel Pusparia W Raharjo, Ketua APJI Palembang Susi Sulaiha, Ketua panitia Hj Arida, serta ratusan pasang mata yang memadati acara.

Dilanjutkannya, kebetulan 2016 mendatang bertepatan dengan peringatan 100 tahun pempek. “Palembang harus menampilkan kulinernya, terutama yang berbahan ikan. Soalnya meski tidak masuk 5 besar destinasi wisata, tapi merupakan 5 besar kuliner di Indonesia,” paparnya yang disambut tepuk tangan

Irene menyatakan, sudah saatnya mata Pemerintah terbuka dengan keberadaan APJI. “Pemerintah harus jadi marketingnya, karena catering dari APJI sudah pasti ada sertifikasi halal, dan kesehatan. Artinya terjamin untuk masyarakat,” jelasnya.
Sementara Ibu Ayu Muliadi dalam sambutannya, Catering Expo 2015 ini merupakan gebrakan besar. “Apalagi ini menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Kita dari pusat sangat mengapresiasi dan memberikan dukungan,” ulasnya.

Ditambahkan Ibu Pusparia W Raharjo, APJI Sumsel beranggotakan hingga 85 pengusaha Catering. “Kita ingin perkenalkan, karena belum banyak yang tahu. Ke depan, kita juga berharap berpartisipasi di ajang Asian Games 2018,” paparnya.

Disela-sela acara, panitia membagikan 1.000 porsi makanan secara cuma-cuma kepada pengunjung OPI Mal dan akan terus berlangsung hingga hari terakhir. Juga ada hiburan artis D Academy, Tria dan Adi Bima. Kemudian APJI juga menyerahkan award (penghargaan) kepada10 anggota seniornya, yaitu Ibu Hj Arida Mansyur, Ibu Niniek Ardono, Ibu Hj Hajiratun Toiyibah, Ibu Hj Purnama Wati, Ibu Hj Dahlina, Ibu Hj Kahfi, Ibu Latifah Husin, Ibu Hj Rismina, Ibu Hj Sumiyati Hafiz, dan Ibu Hj Tatik Sulastri.

Lebih menarik lagi, saat Lomba Cipta Kreasi Makanan dari Ikan. Kehadiran chef profesional, yakni Chef Kelana, membuat suasana lomba kian bergengsi. Hari ini akan dilanjutkan dengan lomba Cipta Kreasi makanan dari Ikan untuk kategori pelajar Selasa (15/12), dan acara dimulai pukul 09.30 WIB hingga selesai. Saat yang sama, panitia juga mementaskan fashion show Mom and Me dengan format casual.

Ketua Panitia MA Hj Arida mengungkapkan, dengan even catering expo ini, masyarakat dapat mengetahui catering-catering di Sumsel, yang sudah layak dan memiliki sertifikat. Pengumuman pemenang semua lomba yang diadakan akan dilangsungkan Rabu (16/12).

Hadiah yang diberikan sangat menarik setiap kategorinya. Untuk juara 1 Rp 2,5 juta, juara 2 Rp 2 juta, juara 3 Rp 1,5 juta. Selain itu juga ada juara harapan 1 Rp 1 juta, harapan 2 Rp 750 ribu, serta harapan 3 Rp 500 ribu. Belum lagi ditambah banyak doorprize, antara lain TV LED 24, lemari es, handphone, kompor gas, serta voucher belanja. Doorprize ini akan diundi pada acara penutupan 16 Desember. (kie)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses