Jadikan Kampung Bersih dari Penyakit

Jadikan Kampung Bersih dari Penyakit
suasana kerja bakti bersama warga Plaju hari Minggu (8/1), beberapa warga terlihat membersihkan beberapa gorong-gorong saluran air. Foto rangga/palembang pos
Posted by:

PALEMBANG – Menciptakan kota Palembang bersih dan hijau, itulah yang dilakukan warga bersama perangkat RT dan RW di Kelurahan Plaju Ulu saat ini. Untuk itu, warga lakukan kerja bakti dan gotong-royong secara rutin guna membersihkan kampung dari sampah dan penyakit.

Saat ditemui usai gotong royong Minggu (8/1), Ketua RT setempat, Sugeng mengatakan, dia bersama rombongan meninjau dan ikut terjun langsung ke lokasi kebersihan, yang saat itu tengah membersihkan lubang saluran pembuangan sepanjang jalan Ki Anwar Mangku Kelurahan Sentosa, Plaju Ulu Kecamatan Seberang Ulu II Palembang. “Alhamdulillah setelah dilakukan pembersihan secara rutin, sekarang kawasan ini tidak banjir lagi,” kata Sugeng.

Menurutnya, kegiatan ini di lakukan dari pukul 07.00 sampai 09.00 WIB, dari RT 35 sampai RT 39. masyarakat disini mempunyai kesadaran yang sangat tinggi untuk kebersihan lingkungannya masing-masing, sehingga pihaknya tidak terlalu sulit untuk mengajak warga melakukan kerja bakti dan gotong-royong.

Dalam kegiatan gotong-royong turut berpastisipasi Linmas setempat, perangkat lurah dan dari Dinas Tata Kota Palembang. Kelurahan yang sempat memperoleh Juara Kebersihan Kelurahan Tingkat Kota Palembang, dan Provinsi Sumsel ini mengalami perubahan dengan adanya program kebersihan yang dicanangkan oleh selama ini. “Sekarang masyarakat senang, banjir dan demam berdarah sudah mulai berkurang,” jelasnya.

Sementara itu warga Plaju, Tukino mengatakan, untuk memberikan informasi kepada masyarakat sangatlah mudah, untuk mengumumkan kegiatan kepada masyarakat cukup melalui speaker masjid, maka masyarakat langsung cepat turun berpartisipasi.“Kegiatan mingguan yang rutin di ikuti. Sejak satu sahun sudah berjalan, jika asal ada perintah dari Ketua RT, kami siap untuk ikut membersihkan karena bisa membantu mengurangi banjir dan genangan air saat hujan turun,” pungkasnya. (roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses