Jadwal Debat dan Titik Kampanye Direvisi

Jadwal Debat dan Titik Kampanye Direvisi
Posted by:

PAGARALAM –
Komisi Pemilihan Umum Kota Pagaralam merevisi keputusan mengenai jadwal dan titik kampanye Pilkada 2018. Selain menambahkan jadwal kampanye tatap muka dan dialogis pada malam hari, keputusan edisi revisi ini juga mengubah lokasi rapat umum. Tak hanya itu, debat publik pun diundur.
Komisioner KPU Kota Pagaralam Divisi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Irfan Amd mengatakan, pihaknya sudah merevisi dua buah surat keputusan yang mengatur tentang jadwal kampanye dan titik rapat umum. Untuk titik rapat umum, dituangkan ke dalam SK Nomor 18 Tahun 2018. Adapun untuk jadwal kampanye dituangkan ke dalam SK Nomor 19 Tahun 2018.
Dijelaskan Irfan, dalam SK Nomor 18 Tahun 2018 terjadi perubahan lokai rapat umum di wilayah Kecamatan Pagaralam Utara. Dalam keputusan sebelumnya lokasi kampanye berupa rapat umum, dilaksanakan di Lapangan Merdeka Kelurahan Beringin Jaya. Setelah direvisi, lokasi rapat umum di Pagaralam Utara ditetapkan di Lapangan SMPN 2 Pagaralam, Kelurahan Bangun Rejo.
“Ini untuk menyesuaikan dengan Peraturan Walikota Pagaralam yang menyebutkan; Lapangan Merdeka tidak boleh dijadikan sebagai lokasi kampanye,” ujar Irfan saat dihubungi kemarin. Sedangkan lokasi rapat umum di kecamatan Pagaralam Selatan, Dempo Utara, Dempo Tengah dan Dempo Selatan tak berubah. Lokasi rapat umum di kecamatan ini masih tetap seperti keputusan sebelumnya.
Lokasi rapat umum di Pagaralam Selatan disebutkan Irfan, di Lapangan Terminal Nendagung, Kelurahan Nendagung. Lokasi rapat umum di Dempo Utara di simpang Dusun Tegur Wangi, Kelurahan Pagar Wangi. Selanjutnya lokasi rapat umum di Kecamatan Dempo Tengah di Lapangan Sepakbola Dusun Sukajadi, Kelurahan Pelang Kenidai. Adapun lokasi rapat umum di Kecamatan Dempo Selatan berada di Dusun Lubuk Buntak, Kelurahan Lubuk Buntak.
Jadwal debat publik juga mengalami perubahan. Dalam SK Nomor 19 Tahun 2018, disebutkan Irfan, jadwal debat publik putaran pertama yang semula direncanakan pada 24 Maret diundur menjadi 27 Maret.
Menurut Irfan perubahan ini karena tempat debat publik yakni di aula serbaguna SDN Model 74 Gunung Gare pada 24 Maret, dipakai untuk kegiatan dari lembaga lain. Adapun jadwal debat publik putaran kedua tak mengalami perubahan. Debat publik putaran kedua tetap direncakan digelar pada 20 Juni 2018.
Dalam SK Nomor 19 tahun 2018 pula disisipkan tambahan lampiran mengenai jadwal kampanye tatap muka dan dialogis pada malam hari. Ini sesuai dengan hasil kesepakatan bersama yang didapat dalam rapat koordinasi pada Kamis lalu (8/3/18). Dengan adanya putusan ini, diakui Irfan, maka rapat terbuka dan dialogis sudah bisa dilakukan pada malam hari. “Tapi harus mengikuti ketentuan yang disepakati,” tutur Irfan.
Agar diketahui secara luas, Irfan menambahkan, KPU sudah mengirimkan dua buah SK hasil revisi itu kepada semua pihak terkait, mulai dari Paslon, Panwas, Polres, Kesbang Pol dan Pol PP. Ia berharap keputusan tersebut dapat dibaca, dipahami serta dijalankan dengan baik. Sementara itu, Ketua Panwas Kota Pagaralam, Ihwan Nopri SE menyatakan, apapun keputusan dari KPU, Panwas akan melakukan pengawasan. “Keputusan KPU itu adalah landasan hukum. Itulah landasan bagi kami (Panawas) untuk melaksanakan pengawasan di lapangan,” ujar Ihwan, ketika dihubungi kemarin malam. (cw08)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses