Jalan Tol Palindra Sudah Bisa Dilintasi

Jalan Tol Palindra Sudah Bisa Dilintasi
Presiden Jokowi didampingi Walikota Palembang H Harnojoyo dan Wakil Walikota Fitrianty Agustinda
Posted by:

PALEMBANG- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan Tol Palembang-Indralaya (Palindra) seksi I (Palembang-Pemulutan) sepanjang 7 kilometer (Km), Kamis (12/10/17).

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan bahwa tol Palindra ini pertama di Sumsel. Di mana pembangunan sulit dikarenakan kondisi tanah rawa sehingga perlu penimbunan hampir sekitar 7 meter. “Perlu kontruksi yang kuat untuk membangun tol ini,” katanya.

Maka dari itu, kedatangan dirinya ke Provinsi Sumsel untuk memberikan motivasi dan selamat atas selesainya pembangunan Tol Palindra untuk seksi I ini. “Ini merupakan proyek besar jadi saya sengaja datang kesini,” ujar Jokowi.

Jokowi menjelaskan, sebelum meresmikan jalan tol palindra ini, dirinya sudah tiga kali ke provinsi sumsel dengan tujuan untuk mengecek pembangunan Tol Palindra tersebut. Jika proyek besar ini tidak dipantau langsung oleh dirnya dan kabinet kerja maka proyek tersebut bisa saja terlambat, seperti contoh Tol Balikpapan menuju Samarinda yang sempat terhenti lama karena ada dua hal yang menjadi permasalahan.

“Alhamdulillah sekarang tol itu bisa dilanjutkan pengerjaannya. Nah untuk tol palindra ini permasalahan yang terjadi hanya pembebasan lahan saja dan saat ini sudah dilakukan. Jadi tidak ada masalah lagi dan dapat melanjutkan pembangunan tol di Seksi dua dan Tiga. Jadi saya bharap tol ini dapat dinikmati semua masyarakat khususnya Kota Palembang,” jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, kepada pihak pengelola jalan Tol Palindra yaitu Hutama Karya untuk tidak memungut biaya kepada masyarakat yang melalui jalan tersebut. “Saya minta selama dua bulan ini, masyarakat yang melintasi jalan tol ini tidak dipungut biaya. Kalau jalan tol ini sudah tersambung semua baru dipungut biaya,” ungkap Jokowi.

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) KemenPU PERA, Heri Trisaputra menambahkan, pengerjaan seksi satu ini tidak ada kendala hanya saja memang sebelum Hari Raya Idul Fitri atau Juni 2017 lalu, diujung jalan seksi satu mengalami sliding atau ambles. namun itu sudah bisa diatasi dan kondisinya sudah baik.

“Untuk sementara, penggunaan seksi satu tol Palindra ini akan digratiskan selama satu bulan sembari menunggu pengerjaan seksi dua dan seksi tiga,” katanya.

lanjutnya, Untuk seksi dua dan tiga sejauh ini masih dalam tahap pembangunan. Karena memang pembebasan lahannya sempat tersendat sehingga pembangunan pun sedikit terlambat. “Nah untuk tarif saat ini masih tengah di kaji atau dihitung berapa nantinya yang akan diterapkan,” ujar Heri.

Berdasarkan pantauan, meskipun diguyur hujan rintik, Presiden RI langsung melihat kondisi tol ditemani para Satuan Kabinet Kerja dan juga Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, Walikota Palembang, Harnojoyo serta Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda dan rombongan lainnya. (cw05)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses