Jangan Kaget, Jaksa Awasi Lelang

Jangan Kaget, Jaksa Awasi Lelang
Kajari Prabumulih, Mahmudi SH MH menjalin MoU dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Prabumulih, kemarin. Foto abu/Palembang Pos
Posted by:

PRABUMULIH – Petugas pengguna anggaran (PA), pejabat pembuat komitmen (PPK) dan pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK) maupun pejabat pengadaan, dapat bekerja dengan tenang.
Pasalnya, mulai 2016 ini Pemkot Prabumulih telah menjalin kerjasama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Prabumulih, untuk pendampingan dari pihak kejaksaan, dalam pengadaan barang dan jasa.
Berdasarkan Peraturan Jaksa Agung tentang pembentukan T4D, dan atas perintah dari Kajati Sumatera Selatan diharapkan peranan Jaksa Pengacara Negara (JPN) untuk melakukan pendampingan.
‘’Khususnya dalam pengadaan barang dan jasa sehingga berjalan dengan baik,” ujar Kajari Prabumulih, Mahmudi SH MH, usai penandatangan MoU antara Kejari Prabumulih dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Prabumulih, kemarin.
Terkait itu, masyarakat tak perlu kaget jika melihat JPN mendampingi proses pelelangan, mengawasi barang, kontrak karena itulah bentuk kerja TP4D (Tim pengawalan pengamanan pemerintah dan pembangunan daerah) di Prabumulih.
“Tujuannya untuk mengawal pembangunan. Sehingga tercipta pemerintahan yang bersih dan berwibawa serta mencegah terjadinya kerugian negara,” tuturnya.
Sementara, Kasi Datun M Anthoni SH menambahkan, pembentukan TP4D merupakan bentuk pencegahan agar tidak terjadi kasus korupsi yang dapat menimbulkan kerugian negara.
“Jadi kita sifatnya memberikan pendapat hokum. Jika nanti tak diindahkan dan ternyata ada kerugian maka kasusnya tetap kita tindak,” pungkasnya.
Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Prabumulih, M Supi ST menuturkan, pihaknya menyambut baik dibentuknya TP4D. Menurut dia, dengan adanya pendampingan dari kejaksaan pihaknya dapat berkoordinasi terkait hal yang berkaitan dengan hukum.
“Selama ini, tak sedikit dari pengambil kebijakan yang takut dalam mengambil keputusan. Nah dengan pendampingan ini, kita dapat konsultasi dan meminta pandangan hukum sehingga tak terjebak dalam kesalahan,” tuturnya. (abu)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses