JCH Rekam Data Biometrik

JCH Rekam Data Biometrik
Posted by:

PALEMBANG- Fase pemberangkatan jemaah haji reguler asal Sumsel segera dimulai. Setelah Selasa (17/7/18) 450 jemaah calon haji (JCH) Sumsel kloter pertama masuk Asrama Haji, Rabu (18/7/18) pukul 02.30 WIB para JCH kloter pertama berangkat.
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumsel, HM Alfajri Zabidi menerangkan, sebelum berangkat jemaah menjalani pemeriksaan kesehatan tahap akhir dan perekaman data biometrik.
“Ini menjadi terobosan terbaru Kemenag RI untuk mempermudah dan menghemat waktu para jemaah, pemeriksaan biometrik ini dikembalikan ke embarkasi masing-masing. Jadi jemaah tidak perlu antre lagi ketika sampai di Madinah dan Jeddah,” kata Alfajri.
Dia menjelaskan, pemeriksaan biometrik meliputi perekaman sidik jari dan perekaman muka yang dilakukan jemaah ketika akan memasuki suatu negara. Yang mana dibutuhkan 3-5 menit untuk jemaah melajukan pemeriksaan biometrik ini.
“Kita siapkan 12 konter, dengan jumlah 450 jemaah ini, dibutuhkan estimasi waktu sekitar 4 jam untuk pemeriksaan biometrik. Bisa dibayangkan kalau pemeriksaan ini masih dilakukan di embarkasi Jeddah dan Madinah,” imbuhnya, seraya menambahkan, saat sampai di embarkasi Jeddah dan Madinah, jemaah tinggal menjalani pemeriksaan cap saja.
Sementara itu, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Sumsel, Darami, mengatakan, gelombang pertama ini terdiri dari 4.005 jemaah yang terbagi ke dalam 9 kloter.
“Selama di embarkasi, jemaah akan melakukan pemeriksaan kesehatan tahap akhir dan menginap lebih kurang 24 jam sebelum di terbangkan ke Arab Saudi. Kepada mereka, akan dibagikan gelang, dana living cost sebesar SAR1500, serta paspor,” ujar Darami. (ika)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses