Jelang Lebaran, Harga Sawit Terpuruk

Jelang Lebaran, Harga Sawit Terpuruk
????????????
Posted by:

MUARA ENIM – Para petani kelapa sawit di Kabupaten Muara Enim pada mengeluh. Soalnya menjelang lebaran Idul Fitri 1439 H, harga jual buah kelapa sawit petani kian terpuruk tinggal Rp 1.000-1.100/kg yang sebelumnya sempat mencapai Rp 1.450/kg.
Sementara harga kebutuhan pokok kian melambung. “Saat ini harga buah kelapa sawit petani tinggal Rp 1000-1100/kg yang sebelumnya sempat mencapai Rp 1450/kg. Seharusnya pemerintah menjelang lebaran saat ini memperhatian harga jual komoditi pertanian, jangan hanya memperhatian harga sembako,” jelas Karo, Doyot dan sejumlah petani kelapa sawit lainnya.
Menurut petani, sesuai penjelasan agen pengumpul kelapa sawit petani, turunnya harga tersebut, karena harga kelapa sawit di Pabrik Kelapa Sawit (PKS) mengalami penurunan. “Sesuai penjelasan agen, harga kelapa sawit di pabrik saat ini tinggal Rp 1.250/kg. Karena harga dipabrik mengalami penurunan, terpaksa agen menunrunkan harga juga,” jelasnya.
Dijelaskannya, alasan pabrik menurunkan harga kelapa sawit, karena mesin produksi mengalami kerusakan. Sehingga banyak buah TBS yang masuk tidab bisa diolah secara maksimal. “Kami meminta pemerintah bisa menstabilkan harga kelapa sawit petani, bukan harga sembako saya yang harus distabilkan,” tegasnya.
Karena, lanjutnya, dengan turunnya harga kelapa sawit petani, maka kondisi petani benar benar terpuruk. Sementara harga beli kebutuhan pokok menjelang lebaran terus mengalami kenaikan yang cukup siknifikan.
“Saat ini harga jual produksi pertanian benar benar tidak sebanding dengan harga beli kebutuhan pokok. Kalau kondisinya terus seperti ini bagaimana petani kelapa sawit maupun petani karet mau sejahtera,” tegas mereka. (luk)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses