Jembatan Endikat Makin Parah

Jembatan Endikat Makin Parah
Posted by:

*Dinas PU Langsung
Koordinasi ke Balai

PAGARALAM – Kerusakan jembatan Endikat yang merupakan akses perbatasan Pagaralam – Lahat kian parah dan sangat mengancam keselamatan pengemudi yang melintas di lokasi.
Ini seiring insiden berbahaya yang terjadi Selasa pagi (13/2/18), membuat jalur tersebut lumpuh sesaat karena truk bermuatan terperosok akibat jembatan darurat berupa kayu, patah.
Diungkapkan Darta (37) pengemudi mobil yang melintas, akses di perbatasan mengalami kemacetan dan kendaraan antre panjang, lantaran ada truk terjebak di jembatan darurat berupa kayu yang disinyalir sudah tak mampu lagi menahan beban kendaraan yang melintas.
“Truk bermuatan terperosok, diduga kayunya lapuk dan muatan kendaraan juga berat. Sehingga arus Lalin di lokasi perbatasan tersebut sempat lumpuh. Karena kendaraan tak bisa melintas,” ujarnya.
Dia juga meminta kepada pemerintah daerah untuk segera mengambil tindakan mengenai parahnya kerusakan Endikat yang sudah terjadi sejak Agustus 2017 silam, merupakan akses yang menghubungkan Pagaralam dan Lahat. Karena akses tersebut vital dan banyak dilalui kendaraan bersar.
“Ada akses alternatif lainnya, seperti lewat Kota Agung ataupun melalu jalur Gumay. Hanya saja akses di kedua jalur alternatif ini badannya sempit, tidak dimungkinkan dilalui kendaraan besar dan berat semisal truk, bus, ataupun fuso,” katanya.
Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pagaralam, H Hariadi Razak ST, melalui Kabid Bina Marga, Adriansyah ST menyatakan bahwa pihaknya sudah mendapatkan informasi mengenai adanya truk yang terperosok di atas jembatan kayu di Endikat. “Mengenai kejadian tersebut, langsung kita koordinasikan dengan pihak Balai Besar jalan di Palembang,” katanya. Adriansyah mengaku pihak PU dalam hal ini Pemkot Pagaralam, tidak ingin disalahkan mengenai siapa yang bertanggungjawab atas perbaikan jembatan Endikat tersebut. (cw08)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses