JSC Terapkan Sistem Go Green

JSC Terapkan Sistem Go Green
Posted by:

##Asian Games, Steril Mulai 10 Agustus

Palembang-Pesiapan Asian Games 2018 akan membuat kompleks Jakabaring Sport City (JSC) steril. Sterilisasi itu akan dimulai 10 Agustus. Mulai tanggal tersebut, kawasan yang akan digunakan untuk Asian Games ke VIII itu harus bebas dari polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan.
Direktur Utama PT Jakabaring Sport City (JSC) Bambang Supriyanto mengatakan kawasan JSC akan menerapkan sistem Go Green. Menurut INASGOC, sterilisasi akan dimulai 10 Agustus. “Jadi semua yang masuk di JSC sudah harus terakreditasi dan sistem yang akan dipakai di games time akan diterapkan mulai tanggal 10 Agustus nanti. Jadi kendaraan tidak sembarang masuk di dalam kawasan JSC,” katanya saat ditemui di JSC, Kamis (19/7/18).
Meski baru akan diterapkan pada tanggal 10 Agustus, pada 1 Agustus kegiatan di seluruh JSC dihentikan selain dari GL Events untuk melakukan overlay dan kebutuhan-kebutuhan di setiap venue. Sementara untuk transportasi atlet, ofisial dan tamu di dalam area JSC, sambung Bambang akan disiapkan 60 unit golf car berbahan bakar cas baterai, 100 unit sepeda.
“Sekarang 400 unit sepeda lagi dalam proses dengan sponsor. Selain itu juga ada kendaraan Hydrogen sistem yang mendapatkan bantuan dari Kanada, rencana akan datang dalam waktu dekat,” ungkap Bambang.
Bambang menjelaskan saat ini banyak persiapan yang dilakukan JSC sebagai tempat yang akan menyambut tamu dari 45 negara Asia di dunia itu. Bukan hanya venue, namun beberapa instrumen dan kenyamanan delegasi menjadi hal yang penting juga untuk diperhatikan.
“Seperti faktor kebersihan ruangan, venue, termasuk di areanya yang harus diperhatikan. Kita sedang menyusun beberapa draft untuk kebersihan ini baik kebersihan per venue maupun kebersihan lingkungannya,” ujarnya.
Tak tanggung-tanggung, sambung Bambang beberapa waktu lalu pihaknya mencoba mendatangkan orang-orang yang ahli dibidangnyac termasuk menkaji pola dan sistem yang akan dipakai saat games time yang digelar pada 18 Agustus hingga 2 September mendatang. “Untuk kesiapan listrik dan air juga menjadi perhatian, jangan sampai nanti saat games time ada masalah soal listrik dan lain sebagainya,” beber Bambang.
Bambang melanjutkan sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh PLN kepada PT JSC bahwa PT JSC sudah melakukan SLO dari seluruh venue di JSC baik SLO rendah, menengah dan tinggi. Untuk diketahui SLO adalah sertifikat yang diterbitkan oleh Lembaga Inspeksi Teknik yang ditunjuk Pemerintah untuk melakukan inspeksi kelaikan operasi atas instalasi listrik yang dipasang di bangunan pemohon listrik. “Ini sudah kita lakukan bersama dengan PLN. Nanti saat games time PLN juga sudah berkomitmen mereka akan memberikan tim teknisnya standby 24 jam di JSC. Sama seperti PDAM juga sudah bicara, mereka akan menyuplai kebutuhan air selama games time, jadi dijamin tidak akan mati,” tandasnya. (kie)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses