Jurnal Dosen Wajib Diverifikasi

Jurnal Dosen Wajib Diverifikasi
Posted by:

PALEMBANG – Maraknya kekeliruan dalam kepemilikan jurnal dosen, membuat dosen harus lebih memperhatikan proses verifikasi jurnalnya dengan serius. Maka itu guna meningkatkan pemahaman verifikasi jurnal dan artikel para dosen, Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) mengadakan pelatihan verifikator/fasilitator Science and Technologi Index (sinta) di Horisson Ultimate,
Diketahui, pelatihan yang diikuti oleh ratusan dosen dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) ini mendatangkan langsung perwakilan dari Kemenristek Dikti dari Dirjen Pengetahuan Riset dan Pengabdian Masyarakat dalam pengembangan jurnal dan artikel.
Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang, DR H Abid Djazuli SE MM mengatakan pengembangan jurnal dan program artikel dosen perlu dilakukan verifikasi tulisan dosen yang ada pada jurnal dengan tepat. “Jurnal dan artikel para dosen ini perlu diverifikasi. Karena banyak nama dosen yang sama, dan valid atau tidak artikel itu hak milik dosen yang bersangkutan,” katanya.
Menurutya, selama ini banyak nama dosen yang mirip bahkan sama yang menukis jurnal berbeda. Tentunya ini rentan terjadi kekeliruan bahkan merugikan bagi dosen yang menulis jurnal dan karyanya diakui orang lain. Maka itu saat mengecek artikel, tim verifikator harus bekerja melakukan verifikasi benar atau tidak jurnal tersebut karya dosen yang bersangkutan. “Contohnya begini, biasanya kalau artikel dibuat namanya Wijaya, Budi dan penulisan nama seperti itu banyak, makanya rentan tertukar. Jika tak diverifikasi maka bisa diakui orang lain yang namanya kebetulan sama,” jelasnya.
Tentu saja hal ini sangat dikhawatirkan, karena jurnal itu memiliki hak cipta dan bisa dikutip sebagai salah satu bahan refrensi. Jika tak diverifikasi, bisa-bisa nanti artikel punya dosen yang bersangkutan bisa diklaim orang. “Pengaruhnya cukup besar, dampaknya kalau tertukar bisa berimbas pada high indeks dosen. Jurnal itu semacam prestasi, apalagi jika sudah jurnal tingkat Internsional,” pungkasnya. (roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses