Jurnalis Jangan Terpengaruh Medsos

Jurnalis Jangan Terpengaruh Medsos
Posted by:

Palembang-Marak dan gencarnya penggunaan media sosial (medsos) belakangan ini seakan-akan menjadi sumber pemberitaan yang tepat. Padahal, kegiatan jurnalistik yang menghasilkan berita yang akurat tidak boleh terpengaruh medsos.

“Medsos dan media online sedang ramai sekarang ini, tapi biarkan saja. Jurnalis media cetak jangan terpengaruh itu,” kata Bambang Janu saat jadi pembicara seminar jurnalistik Sumatera Ekspres di Ballroom Hotel Emilia, Senin (19/12) sore.

Menurutnya, banyak keunggulan media cetak yang tidak mungkin dapat didekati oleh medsos dan media online. “Diantaranya itu akurasi, kelengkapan, dan seimbang. Hal ini tentunya tetap dicari oleh pembaca yang semakin cerdas ke depannya,” bebernya.

Pelatihan yang dilangsungkan Senin (19/12) hingga Rabu (21/12) ini menghadirkan narasumber dari Jawa Pos (induk Palembang Pos), Bambang Janu dan Abdul Rokhim (tulisan), Moch Subechi (fotografer), dan Siswoyo (grafis). Total peserta yang mengikutinya 90 orang media cetak Sumatera Ekspres Grup, meliputi wilayah Sumsel, Bengkulu, Bangka Belitung, Jambi, dan Lampung.

Sebelumnya pimpinan Umum Sumatera Ekspres H Suparno Wonokromo yang membuka acara seminar, mengingatkan pentingnya integritas jurnalis dalam menjalankan tugasnya. “Persoalan yang cukup marak adalah plagiat. Hal ini yang harus dihindari oleh jurnalis yang berintegritas,” tandasnya. (kie)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses