Kades Karang Baru Terancam Dicepat

Kades Karang Baru Terancam Dicepat
Posted by:

Terlibat Pengeroyokan

Banyuasin, Palembang Pos.-
Kades Karang Baru Kecamatan Sumber Marga Telang, M Amin Danalsyah, terancam diberhentikan Bupati Banyuasin. Pasalnya oknum Kades itu terlibat kasus pengeroyokan dengan warga desa sendiri, atas nama Marto.
Oknum kades tersebut kini, telah ditahan di Mapolres Banyuasin, posisinya sebagai kepala desa saat ini digantikan oleh Pelaksana Tugas (PLt) yang dipegang oleh sekretaris desa (Sekdes).
Kepala Irkab Banyuasin, Subagio melalui Irban III Ali Sadikin mengatakan, jika posisi kades bisa saja diberhentikan Bupati Banyuasin jika vonisnya ditetapkan oleh pengadilan.
“Ya, bisa diberhentikan oleh Bupati tanpa harus ada usulan dari BPD setempat. Itu terjadi jika sudah ada keputusan pengadilan,” kata Ali Sadikin, kemarin (28/1).
Hal tersebut, mengacu kepada PP No 72 Tahun 2005 tentang desa. Disebut jelas di pasal 18 yang menyebutkan jika kades diberhentikan sementara
oleh Bupati tanpa melalui usulan BPD jika melakukan tindak pidana yang diancam dengan penjara paling singkat 5 tahun.
“Jadi Bupati bisa melakukan pemberhentian, namun itu juga kan harus menunggu keputusan pengadilan. Posisi kades tersebut masih dalam status tersangka atas kasus tersebut,”ungkap Ali Sadikin.
Namun, jika hasil pengadilan memutuskan kades tersebut tidak bersalah atau hukumannya dibawah 5 tahun, tentu dia masih berstatus sebagai kepala desa (Kades).”Kita lihat nantilah perkembangannya bagaimana,” pungkasnya.(far)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses