Kalahkan Paraguay, AS ke Perempatfinal

Kalahkan Paraguay, AS ke Perempatfinal
Gol tunggal Clint Dempsey mengantarkan USA ke perempat final.
Posted by:

PHILADELPHIA – Tiket babak perempatfinal Copa America Centenario digenggam tuan rumah Amerika Serikat. Mereka meraihnya setelah meraih kemenangan tipis 1-0 atas Paraguay pada pertandingan yang dilangsungkan di Lincoln Financial Field, Minggu (12/6) pagi WIB. Gol semata wayang dalam laga tersebut dilesakkan oleh Clint Dempsey di menit 27.

AS menemani Kolombia yang sudah memastikan tiket sebelumnya. Di laga terakhir Grup A, Kolombia takluk 2-3 saat menghadapi Kostarika. Skuad besutan Juergen Klinsmann sendiri sebenarnya cuma butuh hasil imbang untuk memastikan lolos. Dan kemenangan dari Paraguay –serta kekalahan Kolombia– menempatkan AS sebagai juara Grup A.

Amerika Serikat harus bermain dengan 10 orang sejak awal babak kedua. DeAndre Yedlin dapat dua kartu kuning keduanya saat paruh kedua baru berjalan tiga menit. Tetapi meski kalah jumlah pemain, AS berhasil menjaga keunggulan yang mereka punya. Skor bertahan di angka 1-0 saat wasit meniupkan peluit panjangnya.

Tiket perempatfinal juga berhasil diamankan Argentina di Grup D. Albiceleste menang telak 5-0 atas Panama di laga keduanya dengan tiga gol di antaranya dicetak Lionel Messi yang absen di laga pertama akibat cedera.

Bertanding di Soccer Field, Chicago, Sabtu (11/6) pagi WIB, Messi dkk tampil dominan dengan penguasaan bola mencapai 72%. Selain menang kualitas, Tim Tango juga diuntungkan oleh keunggulan jumlah pemain setelah satu pemain Panama, Anibal Godoy, menerima kartu merah di menit ke-31.

Tujuh menit berjalan, Argentina sudah memetik keunggulan. Bermula dari pelanggaran Blas Pérez terhadap Javier Mascherano di sisi kiri, umpan lambung Angel Di Maria yang mengarah ke tiang jauh, berhasil ditanduk Nicolas Otamendi ke pojok kanan gawang. 1-0.

Setelah unggul, Argentina muntak mengendalikan permainan dan mendapat beberapa peluang. tendangan dari Gonzalo Higuain tak lama berselang setelah gol Otamendi, kembali mengancam gawang Panama. Tapi masih mampu dihalau oleh kiper Jaime Penedo.

Saat sedang tertekan, petaka terjadi untuk Panama di menit ke-31. Mereka harus bermain dengan 10 orang setelah Anibal Godoy menerima kartu kuning kedua, usai melanggar Nicolas Gaitan. Namun tak ada lagi gol di sisa waktu babak pertama.

Unggul jumlah pemain, Argentina menjalani babak kedua dengan nyaman. Tapi kurangnya improvisasi membuat mereka kesulitan menambah gol. Gerardo Martino pun mengubah situasi dengan memasukkan Lionel Messi menit ke-61, menggantikan Augusto Fernandez. Tujuh menit berselang, Messi langsung mencetak gol.

Proses terjadinya gol Messi ini terbilang unik. Miller berupaya membuang bola. Tetapi tendangannya mengenai wajah Higuain dan bola jatuh di kaki Messi. Tanpa kesulitan, Messi menuntaskan peluang bebas tersebut ke pojok kiri bawah gawang.

Di menit ke-78, Messi mencetak gol keduanya melalui tendangan bebas tak jauh dari depan kotak penalti. Messi mencetak hat-trick sekaligus gol keempat Argentina menit ke-87 meneruskan umpan Marcos Rojo.

Argentina menutup pesta dengan gol Sergio Aguero menit ke-90. Gol ini juga hasil kreasi Messi. Umpan lambungnya dari kanan diterima Rojo di dekat tiang jauh yang kemudian meneruskan ke Sergio Aguero di tengah. Aguero pun menuntaskannya dengan sundulan. (har/dbs)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses