Kapasitas Tanam 7 Hektare/Jam

Kapasitas Tanam 7 Hektare/Jam
Posted by:

MUARA ENIM – Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Muara Enim, terus melakukan inovasi membantu petani mempermudah menanam padi sekaligus untuk meningkatkan produksi.

Itu dibuktikan, dengan dilakukannya penanaman padi menggunakan mesin Rice Transplanter (RT) alias mesin penanam padi.

Penanaman padi menggunakan mesin RT tersebut, dilakukan pada penanaman padi serentak di ataran lecah paye, Kelurahan Muara Enim, Selasa (29/12).

Penanaman dilakukan petani bersama pejabat Dinas TPH Muara Enim, Babinsa dan PPL Kelurahan Muara Enim.

Kepala UPTD TPH Kecamatan Kota Muara Enim dan Ujanmas, Loehalni Agoestirini SP MSi mengatakan, mesin RT tersebut lebih efesin 50 persen dibandingkan menanam padi dengan cara manual yang selama ini dilakukan petani.

‘’Mesin tersebut, mempunyai kapasitas tanam bisa mencapai 5-7 hektar per jam,’’ujarnya.

Sistem pengoperasi mesin tersebut, mampu untuk menanam padi sebanyak 4 lajur dalam satu kali jalan. Jarak tanam antar lajur 40 cm dan antar titik 16 cm.

Kemudian padi yang ditanam disemai dalam kotak khusus. Umur semai maksimal 15 hari sudah harus ditanam.

Dengan menggunakan mesin tersebut, petani dapat menghemat biaya operasional sebesar 50 persen.

“Jika menanam padi secara manual mengeluarkan biaya Rp 1,4 juta/hectare. Nah dengan menggunakan mesin tersebut hanya sebesar Rp 700 ribu/hektare,” jelas pegawai cantik ini.

Selain itu, lanjutnya, penanaman padi menggunakan mesin tersebut sesuai sistem penanaman yang dianjurkan pemerintah yakni jajar legowo.

Dengan sistim tersebut, maka produksi padi bisa meningkat bila dibandingkan menanam padi seperti yang dilakukan masyarakat selama ini.

Saat ini, mesin menenam padi RT, baru ada 2 unit untuk kecamatan Muara Enim dan 1 unit untuk kecamatan Ujanmas.

“Mesin tersebut merupakan bantuan pemerintah untuk kelompok tani. Kedepan kami akan mengusulkan lagi kepada intansi, agar jumlahnya  bisa ditambah,” harapnya. (luk)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses