Kapolres Janji Tangkap Pelaku ‘Nube’

Kapolres Janji Tangkap Pelaku ‘Nube’
Posted by:

PAGARALAM – Menangkap ikan jika menggunakan racun zat kimia, selain berbahaya berdampak pada ekosistem sungai, juga bisa diancam pidana. Untuk itu, Kapolres Pagaralam, AKBP Dwi Hartono berjanji akan memberikan tindakan hukum tegas terhadap warga yang menggunakan zat kimia untuk menangkap ikan di daerah aliran sungai.

“Mulai saat ini saya perintahkan Kasat Reskrim segera menangkap pelaku yang menggunakan zat kimia, termasuk menyetrum jika ada. Saya beri waktu dua bulan harus ada kejelasan atas laporan keluhan masyarakat dugaan masih maraknya penggunaan tube atau racun ikan,” kata Dwi di sela giat tatap muka bersama masyarakat dalam rangka menjaga Kamtibmas tetap kondusif belum lama ini.

Sambungnya, aktivitas menangkap ikan di sungai diimbau masyarakat jangan menggunakan zat kimia, sebab bisa berdampak mencemari. “Apalagi dengan cara menyetrum, tentunya sangat berbahaya bagi diri pengunanya, juga bisa merusak ekosistem atau kehidupan yang ada di sungai. Jika tertangkap karena sudah ada laporan masyarakat, pelaku akan kami pidana,” tegasnya.

Lanjutnya, kendala keterbatasan personel di lapangan, jajaran Polres Pagaralam juga minta masyarakat berperan aktif dalam menjaga Kamtibmas agar tetap kondusif dalam mencegah berbagai bentuk pelanggaran hukum di tengah lingkungan warga.

Sementara itu salah seorang warga Dempo Selatan yang enggan disebutkan namanya, mengaku di wilayah Dempo Selatan dan sekitarnya masih terdapat warga menangkap ikan memakai cara ‘nube’ atau penggunaan zat kimia untuk meracun ikan dalam jumlah banyak.

“Indikasinya kami sering menemui aliran sungai keruh berbau zat kimia, dan banyak ikan mati terbawa arus,” jelasnya seraya menambahkan berharap pihak terkait dalam hal ini Polres Pagaralam segera turun ke lapangan melakukan razia penangkapan terhadap pelaku ‘nube’ di daerahnya. (cw08)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses