Kapolri Jamin Kenyamanan Asian Games

Kapolri Jamin Kenyamanan Asian Games
Kapolri Jendral Tito Karnavian SIk selagi menyambangi pusat pemantau pengamanan terpadu TNI-Polri di Lippo Mall Jakabaring
Posted by:
PALEMBANG – Sepanjang penyelenggaraan Asian Games, di Jakabaring Sport City atau JSC, dijamin keamannya oleh Kapolri Jendral Tito Karnavian. Pasalnya sejak tanggal 18 Agustus sampai hari ini, berjalan dengan lancar, tertib dan aman, belum ada perkara kriminal yang menganggu pengunjung atau antit dan official disana.

Hal tersebut diutarakan Kapolri Jendral Tito Karnavian SIk selagi menyambangi pusat pantauan pengamanan terpadu Asian Games, di Lippo Mall Jakabaring. Jenderal bintang empat ini didampingi Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, Pangdam II/SWJ Mayjen Irwan, Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara SIk dan Waka Polda Brigjen Pol Bimo Anggoro Seno SIk serta Kapolresta Palembang Kombes Pol Wahyu Bintono SIk.

Selepas gelar rapat intern di posko pemantau, Kapolri bersama rombongan lantas bertolak, menuju venue di JSC, kemudian menuju Wisma Atlet dan ruang makan atlet, dengan mengendarai kendaraan listrik roda empat. Dijelaskan Jenderal Tito bahwa ada tiga tempat penyelenggaraan Asian Games, pertama di Jakarta, Palembang dan Jawa Barat.

“Yah dari ketiga lokasi penyegelengaraan ini, ada sekitar 17 ribu atlet dan  official dari 45 negara yang terlibat dalam pesta olah raga Asian Games. 8 ribu atlet dan official berada di Jakarta, 4 ribu di Palembang, sebagian lagi di Jabar. Sebagai tuan rumah, ketiga daerah ini memiliki karakteristrik kelebihan dan kendalaan berlainan,” jelasnya.

Ibu kota, tentu tranportasi merupakan kendala utama, lalu jarak wisma atlet dan arena pertandingan jauh jaraknya. Tepatnya Wisma Atlet di Kemayoran, sedangkan stadion utama di Senayan.”Ya kemacetan masih menjadi kendala, maka dari itu sedapat mungkin, jarak temput atlet menuju lokasi tidak lebih dari 40 menit” cetusnya.

Lalu Palembang sendiri, Jenderal Tito tampak sumringah, melihat berbagai fasilitas dan kemudahan terselenggaranya Asian Games di tanah kelahirannya itu. “Tidak ada masalah di kota Palembang. Wisma atlet dan venue berada dalam satu kawasan terpadu. Ditambah lagi Palembang punya Light Rail Transit atau LRTP,” timpalnya.

Untuk Palembang sendiri, ada sekitar  sepuluah cabang olahraga yang digelar di Palembang. sebut saja, Bolling, Menembak, Panjat Tebing, Aquatik, Memanah, Volly Pantai, Dayung dan lainnya.

Tetapi tidak disangkal Kapolri, memang masalah cuaca kemarau berdampak pada Kahutla, namun dapat diatasi dengan baik.”Kemarin Selasa ada sekitar 1 hektar lahan yang berada di wisma atlet terbakar. Tapi langsung diselesaikan satuan tugas  penanggulangan karhutla. Dengn cepat  mengantisipasi dengan melakukan pemadaman dari udara dan darat,” tegasnya.

Selain itu sepanjang pertandingan berlangsung, juga Palembang zero tindak kejahatan. “Jadi amankan belum ada pengaduan kejahatan konvensional. Ini akan terus kita pantau dan awasi, petugas selalu siaga, untuk menjamin keamanan Asian Games,” tukasnya. (adi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses