Karang Taruna Tebar 3.000 Bibit Ikan

Karang Taruna Tebar 3.000 Bibit Ikan
Posted by:

*Di perairan Danau Ranau

MUARADUA – Memperingati Hari Bumi Sedunia, Karang Taruna OKU Selatan (OKUS) menebar bibit ikan Mujair sebanyak 3000 ekor ikan di kawasan wisata. Itu tepatnya di Danau Ranau tepatnya di dermaga Kota Batu Kecamatan Warkuk Ranau Selatan.
Ketua Karang Taruna OKUS, Andie Dinialdi SE MM mengatakan, penebaran bibit ikan tersebut dalam rangka terus menjaga ekosistem ikan di kawasan wisata Danau Ranau.
“Penebaran ikan demi mengatasi kepunahan ikan Mujair dan bentuk perhatian kami pasca bencana alam Bentilean. Semoga kedepanya penghasilan para nelayan ini meningkat dan tentunya mensejahterakan nelayan khususnya,” ujarnya.
Dikatakan Andie, penebaran bibit ikan mujair ini sebagai bentuk wujud pelestarian ikan di Danau Ranau dan mengatasi kepunahan. Sementara itu Kepala Desa Kota Batu, Herli Badri mengatakan, adanya penebaran bibit ikan mujair tersebut demi menanggulangi kepunahan ikan akibat Bencana Bentilean yang kerap terjadi hampir setiap tahun khususnya dikawasan wisata Danau Ranau OKUS.
“Bentilean seringkali terjadi membuat ikan banyak mati dan populasinya semakin berkurang. Penebaran bibit ikan ini setidaknya akan menjaga jenis ikan Mujair yang memang diminati pengunjung,” ujarnya.
Dikatakannya, sebanyak 3.000 ekor bibit ikan yang disebar tersebut terdiri dari ikan Mujair Kumbang, sebab memang ikan khas air tawar berasal dari wisata Danau Ranau ini selalu menjadi buruan ketika musim libur panjang dan libur akhir pekan.
“Penebaran 3.000 bibit ikan Mujair berkat kerjasama dengan warga dan pengurus Karang Taruna Kabupaten OKUS. Semoga apa yang di lakukan ini bermemfaat bagi kita semua,”jelasnya.
Sementara itu, Mat salah seorang nelayan tradisional setempat, mengatakan, dengan terus ditebarnya bibit ikan kedepan akan dapat menjaga populasi ikan pasca terjadi bencana alam Bentilean di Danau Ranau yang membuat ikan Danau Ranau banyak mati.
“Kedepan kami berharap lebih banyak lagi bibit ikan ditebar. Karena saat ini memang populasi ikan semakin berkurang,”ungkapnya. Menurutnya, dengan semakin terjaganya populasi ikan di Danau Ranau, setidaknya akan mempengaruhi perekonomian masyarakat khususnya sebagai nelayan tradisional.(res)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses