Kecewa, Debat Publik Tidak Disiarkan Langsung

Kecewa, Debat Publik Tidak Disiarkan Langsung
Posted by:

BANYUASIN – Debat Publik Kelima Calon Bupati Banyuasin, diselengarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Banyuasin diselengarakan di Gedung Geraha Sedulang Setudung (GSS), Pada Rabu (18/4/18) sekitar pukul 14. 00 Wib, Kemarin. Membuat kecewa masyarakat di Bumi Sedulang Setudung yang tidak bisa menyaksikan siaran langsung di Televisi (TV).
Pilkada tahun ini tidak seperti Pilkada 5 tahun lalu, dimana debat publik tidak disiarkan secara langsung di TV. Kata Suryanto warga Kecamatan Banyuasin II, saat berbincang – bincang dengan wartawan koran ini.
“Semestinya pada saat debat kandidat ini disiarkan secara langsung, agar masyarakat lebih mengenai siap – siapa Bakal Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati, dan mengetahui Visi Misi mereka secara jelas,” harap dia.
Jikapun, Debat Kandidat ini disiarkan ke esokan harinya, atau siaran tunda. Tentu masyarakat tidak lagi fokus untuk menyaksikan berita tersebut, karena hari ini (Kemarin Red) sudah di tunggu – tunggu masyarakat secara live.
Apalagi, Sambung dia, acara debat kandidat ini menggunakan uang rakyat ratusan juta dan dampak sosialisasi kepada masyarakat tidak terlalu berpengaruh. Terkait persoalan tersebut Ketua Lembaga Evaluasi, Monitoring, Anggaran Negara (LEMAN) Sumsel, Salim Oner SH, menilai, Acara debat kandidat ini ada kemunduran dari Debat Kandidat pada Pilkada lima tahun lalu.
“Ada kemunduran, dimana masyarakat seharusnya bisa menyaksikan debat kandidat ini secara langsung di Televisi, namun pada agenda debat kandidat hari ini (Kemarin Red) tidak disiarkan secara langsung,” tegas Pria berewok ini.
Lanjut Salim Oner, Mensinyalir, anggaran debat kandidat ini cukup fantastis besar, sedangkan untuk dana Publikasi Media masa tidak dianggarkan, artinya dana tersebut hanya diggunakan untuk kebutuhan konsumsi saja. “Beberapa kawan -kawan wartawan, tidak mendapatkan anggaran Publikasi hanya ada 2 Media TV yang dapat anggaran tersebut, dugaan kami sebagian dana tersebut dipergunakan kegiatan habis pakai,” cetus dia.
Dikonfirmasi terpisah Ketua KPUD Banyuasin Dahri, M,Pdi, melalui Salinan S,Sos selaku Devisi Sosialsiasi dan Hubungan Masyarkat, mengatakan agenda debat publik akan dilaksanakan dua kali yaitu pada hari ini (Kemarin Red) dan pada bulan depan. “Memang agenda debat publik hari ini tidak tidak disiarkan secara langsung sesuai hasil, nanti pada bulan depan akan disiarkan secara langsung. Debat hari ini pemanasan, Na bulan delan baru live di tv, semua kandidat langsung bicara di depan kamera,” candanya.
Selain itu juga, Salinan menambahkan, agenda akan datang akan melakukan rekapitulasi Daftar Pemilih Tepat (DPT), “ Ya, rekap DPT, dari jumlah 37 ribu KTP yang belum terdaftar, dipastikan jumlah pemilih akan bertambah,” jelasnya saat dihubungi via Handpone, pada Rabu (18/4/18) sekitar pukul 17. 30 Wib kemarin. (her)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses