Kejaksaan Periksa Proyek Jalan Tower

Kejaksaan Periksa Proyek Jalan Tower
Kasi Intel Kejaksaan Kota Prabumulih dan Staf PUPR (PPTK) memegang meteran melakukan penghitungan volume, Proyek Jalan Tower, Rabu (9/8). Foto Prabu Palembang Pos

PRABUMULIH – Kepala Seksi (Kasi) Intel Kejaksaan Negeri (kejari) Prabumulih, Hermansyah SH melakukan, Rabu (9/8), pengecekan langsung ke lapangan bersama PPTK (pejabat pelaksana teknis kegiatan). Itu terkait proyek cor beton Jalan Tower Kelurahan Gunung Ibul Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih, yang dibangun dibawah jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET).

Dari pantauan, saat dilokasi proyek cor beton tersebut, Kasi Intel dan PPTK langsung melakukan pengukuran terhadap lebar jalan dan ketebalannya dengan menggunakan meteran gulung. Pengukuran dimulai dari titik nol dan beberapa titik lainnya termasuk dibawah tower yang beberapa waktu lalu sempat dipersoalkan lembaga swadaya masyarakat. Kepala Kejaksaan Negeri Prabumulih, M Husein Admaja SH MH melalui Kasi Intel, Hermansyah SH mengatakan, pihaknya sengaja turun untuk meghitung volume hasil pengerjaan proyek yang merupakan salah satu proyek yang didampingi oleh pihaknya melalui TP4D (tim pengawal dan pengaman pemerintah dan pengamanan daerah (TP4D).

Dijelaskan Hermansyah, pihaknya sudah meminta kepada BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) untuk melakukan penghitungan fisik secara keseluruhan. “Kami hanya masalah keuangan dan pencairan itu bae, kalau fisik kita sudah mintak opname nanti turun BPK. Kita Cuma sepanjang itu saja, selain itu masalah administrasi dan keuangan dan legalnya,” bebernya.

Disinggung mengenai legalitas pembangunan jalan dibawah tower Sutet tersebut, Hermansyah enggan berkomentar. Menurut Herman, hal tersebut merupakan kewenangan pihak PLN. Kendati demikian, Herman mengaku mengetahui, jika pihak pemerintah sudah mengantongi izin dari PLN. “Itu kewenangan PLN, mereka yang mengeluarkan rekomendasi atau izinnya izin dari PLN ada,” tandasnya. Sementara, Bambang ST, staf Dinas PUPR yang merupakan PPTK proyek cor beton jalan tower menuturkan, pihaknya sudah mengantongi izin dari PLN bidang Gatri (Gardu dan transmisi). “Kata mereka kalau mau bangun jalan bawah tower silahkan, surat yang menyatakan mereka memberi izin,” kata Bambang.Diberitakan sebelumnya, sejumlah elemen masyarakat menyoroti proyek cor beton pembangunan jalan Nias atau jalan tower. Pasalnya, jalan tersebut dibangun dibawah jaringan dan juga dibawah tower SUTET. (abu)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply