Kejari Muara Enim Musnahkan BB Narkoba

Kejari Muara Enim Musnahkan BB Narkoba
Posted by:

 

MUARA ENIM – Kejaksaan Negeri Muara Enim, telah memusnahkan barang bukti (BB) narkoba, senjata tajam, senjata api rakitan mesin jackpot dan kosmetik ilegal. Soalnya perkaranya sudah dinyatakan mempunyai kekuatan hukum tetap alias incraht.

Pemusnahan itu dilakukan PLH Kepala Kejaksaan Negeri Muara Enim, M Husaini SH MH, berlangsung dihalaman kantor Kejari, Rabu (12/9/18). Pemusnahan itu dilakukan secara bersama dengan Kabag Hukum Pemkab Muara Enim, Kepala BNK Muara Enim, Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim, Kasat Narkoba Polres Muara Enim dan Kepala Lapas Kelas II Muara Enim.

Adapun barang bukti yang dimusnahkan narkoba jenis ganja sebanyak 1,502.383 gram, sabu sabu sebanyak 225,457 gram, pil ekstasi sebanyak 206 butir. Kemudian senjata tajam 4 buah, senjata api rakitan25 buah, mesin jackpot 2 unit dan sejumlah kosmetik palsu.

Pemusnahan narkoba jenis sabu sabu dan pil ekstasi dilakukan dengan cara diblender. Sedangkan narkoba jenis daun ganja dan alat kosmetik palsu dengan cara dibakar. Sedangkan pemusnahan senjata api rakitan dengan cara dipotong dengan menggunakan mesin gerenda.

PLH Kepala Kejaksaan Negeri Muara Enim, M Husaini SH MH, mengatakan di Kabupaten Muara Enim jumlah penyalahgunaan dan peredaran narkotika serta kriminal  lain cukup banyak. Apakah karena lemahnya kontrol atau kepedulian masyarakat terhadap narkotika itu sendiri.

Atau, lanjutnya, rendahnya penegakan hukum terhadap penyalahgunaan narkotika yang termasuk kejahatan extraordinary crime.

“Saya menghimbau kepada kita semua selaku pemegang kebijakan dalam penegakan hukum  hendaknya menegakkan hukum dengan tegas. Sehingga dapat membuat efek jera bagi penyalahguna narkotika  bisa diminimalisir dan besar harapan  saya dapat menghilangkan khususnya penyalahgunaan dan peredaran narkotika tersebut,” ajaknya.

Menurutnya, barang bukti yang dimusnahkan berasal dari perkara khusus narkotika dan perkara lainnya yang ditangani Kejaksaan Negeri Muara Enim  periode November 2017 sampai  dengan September 2018 berjumlah 115 perkara yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap (inkracht). (luk)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses