Kembangkan Layanan Jasa Keuangan

Kembangkan Layanan Jasa Keuangan
Posted by:

PALEMBANG – Banyaknya peluang dari jasa keuangan tidak disia-siakan oleh PT Pos Indonesia cabang Palembang yang terus mengembangkan layanan lain serta menambah titik layanan. Saat ini porsi kontribusi jasa keuangan masih tergolong imbang dengan segmen lain seperti paket pengiriman barang yang selama ini menjadi bisnis utama PT Pos.
“Kalau dilihat dari omset memang porsi antara jasa keuangan dan paket barang sama-sama 50 persen, dan harus diakui perkembangan jasa keuangan tahun ini tidak sebesar ditahun sebelumnya,” ujar Dimat Tjahrudi, Kepala Area III Jasa Keuangan PT Pos Wilayah Sumbagsel-Babel.
Berbeda dengan kondisi di 2012 yang pertumbuhan jasa keuangannya bisa mencapai 20 persen namun perusahaan berlambang burung Merpati ini praktis hanya mampu tumbuh lima persen pada Mei lalu. Era kejayaan omset dari jasa keuangan justru terjadi pada tahun 2011 dengan mencatatkan pertumbuhan hingga 27 persen sedangkan di 2013 turun menjadi lima persen dengan target omset Rp 300 miliar. Meskipun begitu, Dimat mengaku tetap optimis jika pertumbuhan jasa keuangan bisa terus meningkat hingga akhir tahun mendatang. “Salah satu cara yang kita lakukan dengan menambah jumlah mitra yang digandeng serta menambah jumlah titik layanan di daerah,” katanya.
Dalam waktu dekat kerjasama yang terelisasi seperti pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) Kabupaten Musi Banyuasin bisa dilakukan di kantor Pos. Jasa keuangan masih menjadi potensi yang menjanjikan bagi PT Pos pasalnya omset yang disumbang bisa mencapai Rp 170 miliar, jumlah ini tidak jauh berbeda dengan omset dari paket pengiriman.
“Sampai saat ini pembayaran tagihan PLN dan multifinance masih yang mendominasi di kantor Pos sisanya pembayaran rekening lain,” katanya.
Sementara itu, Dino Aryadi, Kepala PT Pos Indonesia Palembang mengatakan kantor Pos Merdeka Palembang merupakan penopang pendapatan dari 16 kantor Pos. “Total pendapatan dari kantor Pos Merdeka bisa mencapai Rp250 miliar pertahun dengan kontribusi 19 persen dibandingkan yang lain,” katanya. Lesunya jasa keuangan di tahun ini sudah diantisipasi PT Pos dengan menggelar Luber Hadiah dengan total hadiah mencapai Rp 3,5 miliar yang terbagi dalam beberapa periode.
Untuk periode satu berlaku dari Maret sampai 30 November mendatang, untuk bisa mendapatkan hadiah yang disiapkan, syaratnya hanya lima kali pembayaran dan satu kali pengiriman wesel dan Western Union. “Cara yang kita lakukan ini untuk meningkatkan jasa keuangan dan untuk bisa ikut ini harus menjadi pelanggan pos dengan mengisi formulir yang tersedia,” katanya.  (ove)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses