Kepolisian Perairan Terima Senpi Rakitan

Kepolisian Perairan Terima Senpi Rakitan
Kepala Pangkalan Sandar Kapal Pol V-1022 Sungsang ketika menerima penyerahan senpira dari warga. Foto : Denni/Palembang Pos
Posted by:

BANYUASIN – Direktorat Polisi Perairan Polda Sumsel melalui Pangkalan Sandar Kapal Pol-1022 Sungsang, Kecamatan Banyuasin II, Kabupaten Banyuasin pada Senin (25/7) pagi, menerima dua pucuk senjata rakitan laras panjang, diserahkan oleh masyarakat pesisir Sungsang, Kecamatan Banyuasin II, Banyuasin.

Penyerahan senpira tersebut dihadiri Kapolsek Sungsang, Danramil 40106 Sungsang, Kades Sungsang 1 sampai 4, tokoh agama dan tokoh masyarakat pesisir Sungsang, dengan berlangsung akrab.

Dikatakan Dir Polairud Polda Sumsel, Kombes Pol Robinson DP Siregar SH Sik, melalui Brigpol Adriansyah SH MSi, Kepala Pangkalan Sandar Kapal Pol V-1022 Sungsang, bahwa dua pucuk senpira laras panjang milik warga telah diserahkan kepada pihak kepolisian.

“Ini kesekian kalinya, penyerahan dua senpira laras panjang sebagai bentuk kesadaran dari masyarakat pesisir Sungsang akan kesalahan dalam menyimpan senpira itu. Masyarakat sendiri sudah mengetahui kalau menyimpan senpira itu salah,” ungkapnya.

Sementara jauh-jauh hari, sebelum adanya penyerahan senpira kepada Direktorat Polisi Perairan Polda Sumsel melalui Pangkalan Sandar Kapal Pol-1022 Sungsang, Kecamatan Banyuasin II, Kabupaten Banyuasin, pihaknya memberikan sosialisasi dan pengarahan kepada masyarakat pesisir Sungsang.

Pasalnya menyimpan senpira itu, dikhawatirkan dapat menimbulkan tindak kriminalitas terutama di daerah perairan setelah disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Maka, dengan penyerahan senpira itu kepada Direktorat Polisi Perairan Polda Sumsel melalui Pangkalan Sandar Kapal Pol-1022 Sungsang, Kecamatan Banyuasin II, Kabupaten Banyuasin oleh warga, menunjukkan kalau dari sosialisasi yang dilakukan berhasil.

Kepada masyarakat terutama di wilayah Kecamatan Banyuasin II terutama di pesisir Sungsang, jika masih ada yang menyimpan senpi rakitan, agar dapat diserahkan kepada aparat yang berwajib.

“Karena kalau sampai kedapatan menyimpan senpira, akan dihukum penjara selama 12 tahun. Ini sesuai dengan Undang-undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 Pasal 1 dan 2 Ayat 1. Apalagi menggunakannya sebagai alat kejahatan,” tegasnya.

Sementara Camat Banyuasin II, Sopyan Permana, diwakili Sekcam Banyuasin II, Yose Rizal, menghimbau kepada masyarakat di Kecamatan Banyuasin II terutama di pesisir Sungsang yang masih menyimpan atau memiliki senpira, agar menyerahkan kepada pihak yang berwajib.
“Dari keterangan dari pihak kepolisian, menyimpan dan memiliki senpira akan dijatuhi hukuman yang cukup berat,” ujarnya.(adi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses