Kepsek Gunakan Dana Pribadi

Kepsek Gunakan Dana Pribadi
Posted by:

Prabumulih-
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kota Prabumulih, HM Rasyid SAg mengatakan, lambannya pencairan dana APBD Kota Prabumulih membuat sejumlah kepala sekolah (kepsek) dilingkungan disdikbud kota Prabumulih terpaksa meroggoh kocek (uang) pribadi agar program kegiatan tetap berjalan. Penggunaan dana pribadi ubtuk kegiatan dinas itu sambung Rasyid, terungkap dalam hasil evaluasi tim verifikasi terkait laporan keuangan.
“Jadi karena duit belum cair terpaksa pakai uang dewek, kalau sudah cair kagek baru bisa dikembalikan sekarang inikan belum cair,” ujar Rasyid seraya mengatakan hal itu pula yang menyebabkan lambannya serah terima jabatan kepsek paska mutasi jabatan beberapa waktu lalu.
Dijelaskan Rasyid, biasanya dana yang ditalangi oleh kepala sekolah tersebut digunakan untuk keperluan pembelian alat tulis kantor. “Sesuai kebutuhan dan RAB misal administrasi ATK 9 juta setahun, kalau dibagi dia belas sekian jadi itu contohnya juga untuk kunjungan ke luar kota,” bebernya.
Dikatakan kadisdikbud, penggunaan dana pribadi untuk menutupi kegiatan disekolah tersebut diperbolehkan. “Kalau tidak begitu kegiatan tidak berjalan, secara implisit aturan tidak ada cuma kebijakan saja sesuai kebutuhan,” tandasnya.
Namun kegiatan yang menggunakan dana pribadi itu kata Rasyid, harus disertai bukti bukti tertulis. “sepanjang ada fakta dan bukti terlampir tentu nantinya bisa diganti apabila dana kegiatan sudah cair,” ucapnya.
Lebih lanjut Kadisdikbud menghimbau, kepada seluruh kepala sekolah untuk bekerja secara transparan dan dapat membagi-bagi tugas secara baik. “Bagi kepala sekolah baru, harus transparan dan bisa membagi job jangan semuanya dikerjakan sendiri,” pungkasnya. (abu)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses