Bagikan Mukena dan Cuci Mukena Kotor

Bagikan Mukena dan Cuci Mukena Kotor
Posted by:

Komunitas Mukena Bersih Palembang

KOMUNITAS yang satu ini berbeda dari komunitas kebanyakan. Berawal dari keprihatinan karena kelengkapan untuk salat seperti mukena yang kotor ataupun tidak ada, komunitas yang beranggotakan alumni SMA Negeri 2 Palembang angkatan 1995 ini, akhirnya tergerak untuk membuat komunitas mukena bersih.

“Awalnya hanya iseng berkumpul dan bercerita tentang keprihatinan setiap kali mau melaksanakan salat di beberapa tempat, sering menemukan alat salat muslimah dan kain salat terlihat kotor.

Bahkan sering dijumpai di beberapa masjid dan tempat salat di mal atau pusat perbelanjaan, alat salat muslimah tidak ada sama sekali. Akhirnya, kami punya ide untuk membantu mencuci (laundry) mukena yang kotor itu dan mengumpulkan mukena eks yang masih layak pakai,” kata Eka, salah seorang anggota komunitas.

Sekarang, lanjut Eka, banyak juga yang menyumbang sudah berbentuk mukena baru,” ujar Eka.

Niat berbagi mukena bersih ini awalnya hanya direalisasikan oleh beberapa rekannya sesama alumni. Namun seiring dengan waktu dan dengan adanya bantuan fasilitas media sosial (WhatSApp) akhirnya seluruh alumni dari SMA Negeri 2 Palembang khususnya angkatan 1995 diakui Eka sudah bergabung di komunitas mukena bersih ini.

“Alhamdulillah sekarang jaringan komunitas ini sudah tidak lagi bergerak di kota Palembang saja. Tapi, sudah sampai ke Lampung Selatan dan Jakarta. Bahkan ada juga yang berbagi sandal untuk di masjid,” jelas Eka, yang sehari-harinya staf di lingkungan Kantor Balitbangnovda Sumsel ini.

Menurut Eka, setiap satu bulan anggota komunitas ini menyumbang satu mukena. Setiap minimal dua minggu sekali bergilir mengunjungi masjid atau tempat salat di mal-mal untuk mengganti mukena yang sudah kotor dengan mukena bersih atau mukena baru.

“Mukena yang kotor dilaundry dan pada minggu berikutnya akan dikembalikan ke tempat semula sebagai ganti apabila mukena yang sudah dipakai telah dalam kondisi kotor. Alhamdulilah, sekarang sudah banyak sekali dari para alumni maupun dari umum. Insya Allah, kita akan amanahkan pemberian mereka itu kepada yang memang berhak menerimanya,” kata Eka.

Bagi yang ingin menyumbang dalam bentuk uang, lanjut dia, juga dipersilahkan. “Rp 100 ribu atau dalam bentuk mukena. Sandal juga kita terima. Yang penting ikhlas. Bagi yang berminat ikut menyumbang mukena bersih dan sandal bersih bisa mengontak (0812 78464239) WA 0811 7883700,” tukasnya. (ika)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses